Ticker

6/recent/ticker-posts

Dandim Alor : Koramil Wajib Bangun Lahan Tidur Menjadi Produktif

Alor, - Komandan Kodim (Dandim) 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag mengawali arahannya kepada seluruh perwira Staf dan Danramil jajaran, serta Babinsa/Prabinsa agar selalu bersyukur kepada Tuhan dalam segala hal yang terjadi dalam kehidupan ini. Disamping itu, Dandim meminta para Danramil dan Babinsa agar menjadi contoh dan mengajak masyarakat memanfaatkan lahan yang selama ini tidur menjadi lahan yang produktif, sehingga dapat meningkatkan perekonomian ditengah pandemi Covid-19.

"Masih banyak terdapat lahan tidur yang semestinya dapat dimanfaatkan menjadi lahan produktif. Kita harus memberi contoh setelah itu mengajak masyarakat mengikutinya. Pasti akan berdampak kalau ada kemauan", kata Dandim kepada prajuritnya bertempat di lapangan apel Makodim 1622/Alor, Jl. El Tari, Kel. Mutiara, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, Selasa pagi (22/12/2020).

Dikatakannya, kegiatan ini sesuai petunjuk dari Komando Atas agar Kodim memiliki program unggulan untuk memberdayakan masyarakat. Program unggulan ini bertujuan memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan yang dimilikinya agar bernilai ekonomis. Dan juga merupakan salah satu bentuk upaya TNI dalam peningkatan swasembada pangan di daerah khsusnya.

"Lahan kita di Mola, agar segera ditanami dengan jagung, ubi-ubian, kacang-kacanagan, pisang dan pepaya California. Kita kasi contoh yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat dan bisa mempercepat peningkatan lahan untuk bercocok tanam di wilayah. Salah satunya dengan menanam aneka tanaman dalam satu lahan", jelasnya.

Ditambahkan Letkol Supyan, disamping adanya penanaman jagung, akan dibuat peternakan sapi, sehingga penanaman jagung dengan hasil panennya sapi. Perternakan ayam juga akan dibuat, kata Dandim.

"Mari manfaatkan curah hujan yang ada dengan melakukan beberapa jenis kegiatan ini, dapat meningkatkan perekonomian sehingga secara perlahan perekonomian di daerah terus ada peningkatan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat", tambahnya.

Lanjut disampaikan Dandim, terkait dengan pengamanan Natal dan Tahun Baru, agar dilaksanakan sesuai dengan petunjuk serta prosedur perbantuan TNI kepala Polisi. Jangan abaikan hal-hal kecil disekelikingmu, tetapi kembangkan naluri masing-masing dalam melihat sebuah perkembangan dan kejadian diwilayah masing-masing. Lakukan deteksi dini, cegah dini, dan lapor cepat.

Para Danramil jajaran agar mengecek kesiapan baik personil maupun materiil guna mendukung pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Kesiapan itu, terutama terkait dengan kondisi personil agar dalam kondisi sehat dan siap melaksanakan tugas, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Diakhir penyampaiannya, Dandim minta seluruh prajurit tetap menjaga kekompakan dalam pelaksanaan tugas baik didalam maupun diluar dengan aparat Polri dan Pemerintah serta masyarakat, guna meningkatkan efektifitas dan keberhasilan tugas dilapangan, dengan tetap mengutamakan pendekatan persuasif dan humanis, tutup Dandim.

(Jef/tim)
Editor : Redaksi