Ticker

6/recent/ticker-posts

Kota Bogor Borong 4 Juara Lomba Kesatuan Gerak PKK Jawa Barat


KABARPOSNEWS.CO.ID.Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali mengukir prestasi. Kali ini, ada 4 kategori juara dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK - Bangga Kencana - Kesehatan dan Posyandu Tahun 2020 tingkat Jawa Barat yang diraih Kota Bogor.

Di lomba Kesatuan Gerak PKK Kategori Kota diwakili Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara berhasil meraih Juara I. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kategori Kota diwakili Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara berhasil meraih Juara II.

Posyandu Kategori Kota diwakili Posyandu Pisang, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara berhasil meraih Juara Juara II dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) Kategori Kota diwakili Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara berhasil meraih Juara III.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat nomor 170/Pokja IV/PKK.Prov/XI/2020 yang ditandatangani  Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, Atalia Praratya. 

Dalam surat tersebut, Atalia juga mengucapkan selamat kepada seluruh tim Penggerak PKK di tingkat kecamatan, kelurahan hingga kader yang telah membuahkan hasil prestasi.

“Juara ini layak didapatkan oleh Kelurahan Tegal Gundil (lokasi binaan Kampung KB) karena merupakan kolaborasi yang kuat antara pimpinan wilayah di semua level, ada 11 dinas dan instansi yang terlibat termasuk dunia usaha, pendidikan dan tentunya pemberdayaan masyarakat yang guyub,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Yane Ardian, Rabu (2/12/2020).

Menurut Yane, melalui lomba yang dilaksanakan pada Agustus - Desember di masa pandemi ini, masyarakat dapat bersama-sama bergerak untuk bertahan dan meningkatkan pengetahuan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, agama dan psikososial.

Yane menilai Kampung Germas dan Rumah ABC (Aman Bencana Covid-19) yang tepatnya berlokasi di Gang Pelita, RW 18, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara ini merupakan Inovasi wilayah luar biasa di masa pandemi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor, Rakhmawati menuturkan, kegiatan Kesatuan Gerak (Kesrak) merupakan acara rutin dan puncak acara PKK Kota Bogor.

"Kesrak itu kalau di PKK acara puncaknya. Jadi terkumpul semua program disana," katanya.

Dalam prosesnya, awalnya PKK Kota Bogor mengirimkan berkas dan dokumentasi. Kemudian hasilnya, Kota Bogor masuk 6 besar di Jawa Barat di 4 kategori.

Kemudian di rechecking secara virtual panitia, wawancara dengan OPD terkait sambil menunjukkan lokasinya, apakah sesuai atau tidak dengan apa yang dipaparkan.

"Alhamdulillah kita bisa juara di 4 kategori," ujar Rakhmawati.

Atas capaian tersebut kata Rakhmawati, membuktikan bahwa di masa pandemi Covid-19 para kader tetap produktif dan bekerja. Bahkan, banyak inovasi yang muncul dari masyarakat, salah satunya di Kelurahan Tegal Gundil.

Sekretaris Kecamatan Bogor Utara, Sihabudin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama sehingga dapat menorehkan 4 kategori prestasi.

“Alhamdulillah kami sangat bangga sekali dan kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dinas terkait, puskesmas, LPM, RT dan RW,” ujarnya. (Prokompim)
Editor : Redaksi