Ticker

6/recent/ticker-posts

Pangdam XII/TPR : Tradisi Satuan Tumbuhkan Militansi, Jiwa Korsa dan Etos Kerja

Kabarposnews.co.id.Kubu Raya, Rabu (16/12/20) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin penerimaan warga baru Kodam XII/Tpr di Lapangan Tugu Khatulistiwa, Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr mengukuhkan sebanyak 22 prajurit terdiri dari 15 orang Pamen, 2 orang Pama dan 5 orang Bintara Kowad menjadi warga Kodam XII/Tpr.

Pengukuhan warga baru ditandai dengan pernyataan penerimaan dan penyiraman air bunga oleh Pangdam XII/Tpr. Dilanjutkan dengan pemasangangan badge dan pembacaan ikrar prajurit Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam amanatnya menyampaikan, melalui tradisi penerimaan warga baru Kodam XII/Tpr diharapkan dapat meningkatkan militansi personel melalui pengoptimalan Bintal Fungsi Komando, peningkatan peran sejarah dan peningkatan kedisiplinan personel Kodam XII/Tpr dalam rangka mewujudkan profesionalisme organisasi TNI Angkatan Darat. 

"Acara tradisi ini juga untuk memelihara dan menumbuhkan jiwa korsa, kebanggaan dan kecintaan kepada Kodam XII/Tpr serta untuk memotivasi semangat juang Prajurit dalam rangka menumbuh kembangkan Patriotisme dan etos kerja, soliditas dan komitmen pengabdian prajurit kapan dan di mana pun bertugas," kata Pangdam.

Pangdam XII/Tpr berharap acara tradisi penerimaan warga baru bukan hanya dijadikan acara seremonial belaka, akan tetapi sebagai warga Kodam XII/Tpr, harus memahami dan mampu mengamalkan Moto Kodam XII/Tpr yaitu, “Carathana Jitavina” yang berarti “Sekali Melangkah Pantang Menyerah”. 
"Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Moto tersebut yaitu: Pertama, tidak boleh salah. Kedua, keputusan harus cepat, tepat dan benar. Ketiga, berhasil dalam setiap pelaksanaan tugas apapun. Keempat, tidak mengenal lelah dan pantang gagal. Kelima, semangat yang membara dan tekad membaja. Keenam, selalu ada inisiatif dan solusi. Ketujuh, berbuat yang terbaik demi Satuan, Bangsa dan Negara," urai Pangdam.

Selain mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad kepada warga baru menegaskan, agar menanamkan dalam diri masing-masing personel bahwa tugas di Kodam XII/Tpr ini merupakan suatu amanah. 

"Oleh karena itu, kalian harus memberikan pengabdian yang terbaik, dengan dilandasi tulus dan ikhlas serta penuh rasa tanggung jawab, karena  apapun yang kalian lakukan dalam kaitan tugas, harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," tegas Pangdam

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr juga berpesan kepada warga baru untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan khususnya tentang tugas dan tanggung jawab yang akan diemban selama melaksanakan tugas di lingkungan Kodam XII/Tpr.

"Mengingat saat ini dalam situasi pandemi Covid-19, saya berharap kalian semua agar memberikan kontribusi dan peran aktif dalam mensosialisasikan dan mengimbau kepada anggota dan masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan agar lingkungan sekitar kita sehat, lebih produktif dan bebas Covid-19," pesan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)
Editor : Redaksi

Dilihat