Ticker

6/recent/ticker-posts

Walikota Depok Buka Gerai Dukcapil Mandiri Di Detos


Depok.Kabarposnews.co.id.Pemkot Depok menetrapkan sistem Jemput Bola dalam pelayanan Kependudukan  ditandai dengan dioperasikannya   mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) tahap kedua di Depok Town Square (Detos), hari Senin (21/12/2020).
Walikota  Depok Mohamad Idris  mendam pingi Sekretaris Jenderal Dirjen Kependudukan Kemendagri Igede yoga, Anggota DPRD Imam Musanto, Kepala Dinas Disdukcapil Nuraeni Widayatti, ketika melaksanakan   Lounching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) tersebut.

Mohamad Idris mengatakan,"ADM merupakan sistem pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dapat lebih cepat dan efektif, dengan begitu, masyarakat dapat semakin mudah mengakses layanan kependudukan di Depok."

Dikatakan,pihaknya akan  terus berupaya membe rikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, memudahkan warga mengakses dokumen kependudukan, seperti KTP elektronik, kartu keluarga, surat kematian dan akta kelahiran,” tambah kepada wartawan.


Idris menjelaskan, rencananya di tahun 2021, Kota Depok sudah memiliki total lima mesin, Lima unit nantinya akan tersebar di Kota Depok.

Idris menambahkan, “ADM nantinya  menjangkau seluruh masyarakat Depok, di wilayah barat di Cinere, Limo dan wilayah timur seperti Tapos, Cimanggis,” jelasnya.

Menurutnya manfaat lain dari mesin ADM ini bisa mencegah terjadinya pungutan liar (pungli), terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang memakai pelayanan serba digital.

Mohamad  Idris berharap warga nantinya dapat mengurus dokumen kependudukan secara online dari rumah, lalu cetak melalui mesin ADM.

“ADM yang pertama di The Park Sawangan merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan yang di Detos berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok,” jelasnya.

Sedangkan khusus yang di Detos ini , akan dibangun gerai layanan kependudukan lengkap dengan petugasnya.

langkah ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapat layanan maupun informasi terkait kependudukan.

Ditegaskan," Ini semua dalam upaya  melakukan  menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminitrasi Kependu dukan (GISA), sebagai perwujudan pelayanan yang membahagiakan,” tutupnya. 
Hadir dalam acara Launching  ADM seluruh jajaran Muspida Depok Kadisdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti,Kasat Pol PP Lienda, Kadiskominfo Sidik Mulyono, para Camat, para Lurah dan Pengelola Detos Sutikno.(Wismo)
Editor : Redaksi

Dilihat