Ticker

6/recent/ticker-posts

Gardu PLN di Pasar Musi Depok 2, Nyaris Terbakar


KABARPOS.CO.ID,DEPOK-Percikan api di Gardu PLN 630 Kilo Volt Amper di Pasar Musi  membuat belasan pedagang setempat panik.

Kejadian  sejak dua hari lalu di lokasi tersebut   membuat pedagang was was  mereka cepat melaporkan ke Pelaya nan PLN Depok 2 hari ini Senin (25/01/2021) satu unit Tim PLN dimpin Yogi KH melaku kan perbaikan sikring G diduga menguatkan percikan api.

"Semula  pihaknya akan melakukan pemeliharaan namun karena   gardu  tersebut mengeluarkan percikan api sehingga pihaknya  memutus kan  mengganti alat pemutus aliran di gardu tersebut."  ujarnya.

Dikatakan, para pedagang sebelumnya melaporkan kepada PLN bahwa Gardu 630 KV Amper  mengeluarkan percikan api kejadian sama juga pernah terjadi  di gardu dekat bak sampah Pasar Musi  dan depan  Pasar Rakyat Musi.

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan pihaknya  cepat mengambil langkah konkrit.

"Untung kejadian tersebut dapat diketahui pedagang dan dapat dilakukan perbaikan yang berlangsung pada hari ini Senin  25 Januari 202."  tambah Yogi KH.

"Keluarnya percikan api disebabkan karena sejenis saklar yang mengalami kerusakan dan terkena air, saklar tersebut  kerjanya untuk pemutus aliran listrik  secara manual, jika tidak ada yang menurunkan gardu apa tegangan listrik atau listrik tetap menyala." papar Yogi.

Ketika ditanyakan adanya kemungkinan "Pencurian"  listrik  di pasar,  Yogi mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi.
"Tapi pihaknya tidak dalam kapasitas  untuk memantau dan memeriksa. Namun  tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi.." tegasnya.

" Mudah untuk mengetahui adanya pencurian listrik atau tidak.Seperti  dengan menurunkan meteran listrik, jika sudah diturunkan  lampu di kios tersebut tetap nyala,dipastikan ia mencuri listrik." jelasnya.

Namun demikian dirinya tidak dalam kapasitas untuk memantau hal tersebut, karena ada Tim Khusus untuk melaksanakan tugas  tersebut seperti "Opal".

Sementara itu, dari pedagang yang tidak mau disebutkan namanya bahwa dua hari belakangan ini di gardu 630 kilo volt ampere mengalami keluar percikkan percikkan api sehingga membuat para pedagang  takut terjadi kebakaran.

"Sebelumnya juga Gardu di depan pasar Musi  dan disamping dekat Tempat Sampah, juga mengalami hal serupa namun kejadian pada tahun 2020 lalu." ujarnya.

Akibat perbaikan  sikring Gardu 630 KVA, listrik di Pasar Musi baik yang dijola swasta dan Pemkot Depok hari ini Senin tanggal 25 Januari 2021 dimatikan sejak pukul pukul 09.30 wib dan  menyala pada pukul 13 00 wib.
(wismo)
Editor : Redaksi