Ticker

6/recent/ticker-posts

Kakorbinmas Baharkam Polri menutup Pelatihan Security Manager Training Gada Utama PT. Diana Abadi Santosa


Kabarposnesw.co.id - Pada hari Jumat, 29 januari 2021 11.30 wib atas perintah Kakorbinmas Baharkam Polri, Plh. Kasubditbinanevpolsus Binpotmas Korbinmas Baharkam Polri mewakili Dirbinpotmas menutup giat pelatihan Gada Utama bertempat di Hotel Harries Convention Surabaya.

Pejabat yg hadir dalam upacara penutupan pelatihan Security Manager Training Gada Utama selain KBP Nanang Purnomo,.SH,.MH juga hadir AKBP Setiono Ksbdtbin Kamsa Polda Jatim, Ketua DPD Jatim Bpk. Rudi Dwi Santosa, SH,.MH dan Ibu Inge Diana Direktur PT. Diana Abadi Santosa.
Dalam sambutannya yang dibacakan oleh KBP Nanang Purnomo,.SH,. MH , Kakorbinmas Binmas mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terperliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, sangat tidak mungkin polri bekerja sendiri mengingat berbagai keterbatasan sumber daya dan tantangan tugas yang melatarbelakanginya.
Untuk itu diperlukan Kerjasama Dan Kemitraan Yang Sejajar, Saling Menguntungkan Dan Memiliki Landasan Hukum Sebagai Legalitas Operasionalnya. Dalam Pasal 3 Ayat (1) Undang–Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Ri , Dijelaskan Bahwa Pengemban Fungsi Kepolisian adalah Polri Yang Dibantu Oleh :

a. Polsus
b. PPNS dan/atau
c. Bentuk-bentuk
    Pengamanan Swakarsa.

Satuan Pengamanan adalah salah satu bentuk Pengamanan Swakarsa yang mengemban Fungsi Kepolisian Secara Terbatas sehingga secara terus menerus perlu ditingkatkan potensinya baik dari segi Kuantitas maupun Kualitasnya.

Pelatihan Satpam Gada Utama merupakan salah satu upaya Polri dalam melaksanakan Misi Pembinaan dan meningkatkan Profesionalisme para Pengemban Fungsi Kepolisian Terbatas sekaligus sebagai bagian dari upaya Pemuliaan bagi Satuan Pengamanan dalam upaya memuliakan Profesi Satpam, Polri Telah Merumuskan dan Melahirkan Peraturan Kepolisian RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa Dan Memuat Beberapa Pasal Penting Antara Lain Tentang Satpam Sebagai Sebuah Profesi, Tanda Kepangkatan, Sertifikasi Profesi, sampai dengan Perubahan Seragam Satpam Untuk Menunjukkan Kesungguhan Polri mengangkat Harkat Dan Martabat Satpam yang akan berimplikasi pada status Ketenagakerjaan, Perlindungan Hukum dan Kesehatan sampai dengan Kesejahteraan Satpam.

Perubahan Warna dan Model Seragam Satpam dengan Warna Hampir Mirip Dengan Warna Seragam Polri Gradasi Warna 20%, dikandung maksud mendekatkan Jarak antara Pembina dengan yang Dibina, munculnya kebanggaan sebagai Pengemban Tugas Kepolisian Terbatas dan Keberadaannya dapat memberikan efek Detern guna mencegah terjadinya Gangguan Kamtibmas di Lingkungan Kerjanya. Perubahan Seragam Satpam dengan warna dan Model Baru dengan Warna Mirip Seragam Polri.
Hendaknya para anggota Satuan Pengamanan dapat menjaga marwah Profesi sebagai Pengemban Fungsi Kepolisian Terbatas, menambah semangat
Bekerja dan mengukir Prestasi Sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat di Tempat tugasnya masing- masing.

Pelatihan Gada Utama diharapkan sudah dapat memahami Peraturan Perundang-Undangan, Polmas, Sistem Manajemen Pengamanan, Cara–Cara Melakukan Negosiasi Dengan Para Pengunjuk Rasa, Tanggap Darurat, Ham, Intelijen, Kapita Selekta Hukum, Industrial Security, Customer Satisfaction, Criminal Justice System dan Praktek Menembak serta materi lainnya yang bermanfaat bagi para peserta Gadut. Sehingga setelah kembali ke Lingkungan Kerjanya dapat menerapkannya sesuai dengan Prosedur, Situasi dan Kondisi masing- masing serta Pengembangannya secara Umum.
 
Pelatihan Ini diarahkan untuk memenuhi Kompetensi, tidak hanya mampu memberikan Perlindungan Fisik Suatu Instalasi atau Kegiatan dalam menekan kerugian/kehilangan akibat Gangguan Keamanan, tetapi juga mampu dihadapkan kepada tantangan sebagai Penjamin dalam Pengendalian Resiko dari Ancaman/Gangguan Keamanan yang berlangsung dari suatu Proses Bisnis, Sedangkan Secara Khusus tujuan buka Pelatihan Satpam Gada Utama adalah untuk menghasilkan anggota Satpam Yang memiliki sikap Mental Kepribadian, Kesamaptaan Fisik dan memiliki Pengetahuan serta Ketrampilan Sebagai Manager/Chief Security.

Dengan Kemampuan Melakukan Analisa Tugas dan Kegiatan, Kemampuan mengelola Sumber Daya serta Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Lingkup Tugas dan Tanggung Jawabnya, Tumbuh Kembangkan Kerja Sama Yang Baik Dengan Rekan Sejawat, Patuhilah Prosedur dan Segala Peraturan Yang ada Serta Hindarilah Semua Bentuk Pelanggaran yang dapat merugikan saudara dan orang lain khususnya Perusahaan ataupun Instansi tempat bekerja.(*)

Editor : Redaksi 

Dilihat