Ticker

6/recent/ticker-posts

Sukarela, Masyarakat Lalembu Siapkan Lahan Koramil Bagi Kodam Hasanuddin


Konsel - Saat bertemu dengan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, selain meminta didirikan Koramil,  Camat  Lalembu Abetoambari, S. Stp juga menyampaikan pihaknya sukarela  akan menghibahkan tanah seluas 1 Hektar.
Hal itu disampaikan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Sabtu (30/1/2021).
Diungkapkan Kapenrem, pertemuan antara Pangdam XIV/Hasanuddin dengan masyarakat Lalembu bertepatan dengan Kunjungan kerja  (Kunker) di wilayah Korem 143/Halu Oleo.

Sumarsono juga sampaikan bahwa Pangdam didampingi Danrem 143/Halu Oleo (Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan) dan Dandim 1417/Kendari (Kol Kav Agus Waluyo) melaksanakan tatap muka dengan masyarakat Lalembu dan sekaligus peletakkan batu pertama pembangunan Tugu Loreng Garuda di Desa Puunangga.

"Tugu Loreng Garuda akan didirikan di Lalembu karena penduduk disana sangat rukun dan memiliki hubungan yang baik dengan aparat, khususnya dengan anggota Kodim 1417/Kendari,"ujar Sumarsono.

"Lalembu, merupakan kecamatan pemekaran dari Kecamatan Tinanggea pada tahun 2017. Saat ini keduanya masuk dalam wilayah Kabupaten Konawe Selatan,"tambahnya.

Secara sosial, lanjutnya, Kecamatan Lalembu sangat heterogen. Selain penduduk asli Sulawesi, ada juga dari luar Sulawesi, yaitu penduduk transmigrasi.

"Mereka transimigrasi sejak 39 tahun lalu dan berasal dari Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selama ini, keragaman suku budaya dan agama menjadi perekat kehidupan sosial kemasyarakatan di sana,"ujar Sumarsono.

Lebih lanjut, Sumarsono katakan, pada saat tatap muka dengan Pangdam Hasanuddin, Bu Camat menyampaikan bahwa warga mengharapkan agar diwilayahnya didirikan Koramil serta pihaknya bersedia dan sukarela menghibahkan tanah seluas 1 Hektar bagi Kodam.

"Yaitu dalam rangka mendukung pembangunan Koramil di La Lembu.,"tegasnya.

Seperti halnya disampaikan Kapenrem, saat ditemui di tempat setelah acara, Camat Abetoambari, S.Tp. mengatakan bahwa sejak dimekarkan saat ini Lalembu dalam tahap meneruskan pembangunan.

"Kami mewakili masyarakat Kecamatan Lalembu yang merupakan Kecamatan pemekaran mengharapkan kepada Bapak Pangdam XIV/Hasanudin untuk membangun Koramil di Kec. Lalembu,” kata Abetoambari.

“Ini untuk memaksimalkan program program pemerintah dan kami telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Koramil seluas 1 Hektar dan kami akan membantu memfasilitasi pembangunan Koramil di Kec. Lalembu,” tambahnya.

Terkait dengan peletakan batu pertama Tugu Loreng Garuda, disampaikan Abetoambari bahwa letaknya di pertigaan dan menghubungkan Kec. Tinanggea, Kec. Basala dan Kab. Kolaka Timur.

“Untuk jumlah penduduk berjumlah 18.530 jiwa mayoritas berkebun dan bertani karena sebagian besar merupakan trans dari Jawa, Bali dan Sulawesi,” kata Ibu Camat.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Mayjen TNI  Andi Sumangerukka Pangdam XIV/Hsn dalam sambutannya mengatakan bahwa Kecamatan Lalembu bukanlah tempat baru baginya.

“Ini bukan pertama kali Saya datang kesini, sejak Saya menjabat Danrem 143/HO dan Kabinda Sultra sudah sering saya datang ketempat ini, salam dan hormat saya kepada selurah masyarakat Lalembu,”ucap Andi Sumangerukka.

“Mendengarkan penyampaian Ibu Camat betapa gembiranya kita bahwa didaerah ini masyarakatnya beraneka ragam baik dari Bali, Jawa dan Sulawesi dan Insyaallah saran dan masukan yang diberikan akan ditindak lanjuti dan laporkan,semoga bisa terlaksana,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan Andi Sumangerukka bahwa Tugu Loreng Garuda ini merupakan simbol kerajaan dan persatuan yang memberikan kesan bahwa daerah Lalembu ini komunitasnya beragam.

"Semoga dapat memberikan dampak yg positif bagi persatuan dan Kesatuan NKRI. Oleh karena itu, mari kita memelihara tugu ini sekaligus untuk senantiasa menjaga keragaman dan persatuan  bangsa Indonesia,"pungkas Pangdam.

Untuk diketahui pada kesempatan tersebut Pangdam XIV/Hsn memberikan sumbangan untuk pembangunan fasilitas ibadah diwilayah Kec. Lalembu serta akan membantu pembangunan Tugu Loreng Garuda.

Dilihat