Ticker

6/recent/ticker-posts

Sungai Cibalok Depan Istana Bogor Dinormalisasi


Kabarposnews.co.id.Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus fokus melakukan normalisasi sungai, hal ini terlihat kembali turunnya Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim meninjau sungai. 

Kali ini, orang nomor dua di Kota Bogor ini bebersih sungai Cibalok yang titiknya tepat berada di depan pintu Istana Bogor. Pemilihan bebersih sungai Cibalok pun bukan tanpa alasan. Pasalnya, melihat data yang ada, Sungai Cibalok merupakan bagian dari cagar budaya. 

"Jadi harus ada perhatian khusus untuk aliran sungai Cibalok, apalagi sungai yang lagi kami tata dan bersihkan ini tepat berada di depan Istana Bogor," ujar Dedie, usai bebersih sungai Cibalok, Sabtu (9/1/2021).

Dedie mengatakan, di titik tepat aliran sungai cibalok keluar dari Istana Bogor ini pihaknya akan melakukan penataan. Penataan ini agar area di sekitar Istana Bogor tetap terjaga kelestariannya dan menambah keindahan yang nantinya bisa dinikmati bersama untuk wisata alam.

"Sambil duduk atau sambil lari bisa sembari melihat kebersihan sungai cibalok yang tentunya akan membuat senang karena indah dan bersih," katanya. 

Ia menerangkan, saat ini pihaknya sedang berusaha membuat seluruh aliran sungai di Kota Bogor kembali normal. Meski begitu diakuinya, ada tantangan yang harus dihadapi, pasalnya hampir seluruh aliran sungai dan anak sungai di Kota Bogor kondisinya dipenuhi sedimentasi dan sampah.

"Sampah ini menjadi salah satu penyebab utama tersumbatnya aliran sungai di Bogor dan kalau hujan deras terjadi genangan yang cukup lama. Kami terus-menerus mengingatkan masyarakat agar jangan buang sampah sembarangan," tegasnya.

Normalisasi sungai sudah lebih dari satu tahun dilakukan Pemkot Bogor. Paling krusial, yakni sungai Cibalok karena selain sebagai cagar budaya juga ada rencana penataan keseluruhan wilayah Suryakencana, GG Aut, Jalan Roda, Jalan Pedati, Jalan Lawang seketeng. Penataan dimulai dengan menata saluran airnya karena akan percuma membuat pedestrian jika saluran airnya belum ditangani. 

"Mudah-mudahan kedepan aliran sungai dan anak sungai di Kota Bogor bisa lebih baik lagi, ini secara bertahap di banyak titik Kota Bogor," pungkasnya. (fla/ryan-SZ)
Editor : Redaksi

Dilihat