Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya Tinjau Madrasah Ulumul Qur'an (MUQ)

Bupati Pidie Jaya beserta rombongan meninjau Madrasah Ulumul Qur'an Gampong Rungkom Pidie Jaya

Kabarposnesw.co.id  - Bupati Pidie Jaya beserta rombongan meninjau gedung pondok pesantren Madrasah Ulumul Qur'an Gampong Rungkom Pidie Jaya, Senin 1/2/2021)

Dalam kunjungan tersebut turut di hadiri Wakil Bupati Pidie Jaya H. Said Mulyadi, SE, M.Si, Sekretaris Daerah Ir. Jailani, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Pidie Jaya Fakhri Abdul Muthalib, SH, Badan Dayah, dan Dinas Syariat Islam,

Pondok Pesantren binaan pemerintah Kabupaten Pidie Jaya ini merupakan Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) berdiri ditengah-tengah pemukiman masyarakat yang Islami dan memiliki sikap dan sifat saling menghargai dan menghormati sesamanya, hal ini disebabkan kebaragaman status sosial masyarakat tersendiri baik dipandang dari cara hidup, cara berfikir maupun jenis pekerjaan mereka masing-masing mulai dari petani, pengusaha, PNS dan TNI Polri.

Sejalan dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya "Terwujudnya Masyarakat Pidie Jaya Yang Islami, Adil, Damai dan Sejahtera melalui Pondok Pesantren Madrasah Ulumul Qur'an yang saat ini hanya tersisa kurang dari 160 santri, Bupati Pidie Jaya H. Aiyub bin Abbas berharap adanya program Pendidikan Hifdhil Qur'an "1 Bulan 1 Juz" di Pondok ini nanti.

"Kita akan mencanangkan program pendidikan anak 1 bulan 1 juz nanti setelah kita rumuskan bersama MPD, Kemenag dan Keuchik untuk menciptakan generasi qur'ani "Terang Abuwa saat bertemu dengan pengurus Pondok Pesantren Madrasah Ulumul Qur'an usai pelaksanaan Apel Perdana Setdakab Pidie Jaya.

Abuwa sapaan akrab Bupati Pidie Jaya H. Aiyub bin Abbas di sela kunjungannya menyempatkan diri berbincang dengan beberapa santri yang sedang duduk depan kelas, perbincangan hangat pun di mulai dengan santai.

"Nak, sesungguhnya menghafal Al-Qur’an itu adalah ibadah, dimana setiap dari kita ini selalu mengharapkan ridha dan pahala Allah di akhirat. Tanpa niatan ini, kita tidak akan mendapatkan pahala bahkan akan disiksa karena memalingkan ibadah ini ke selain Allah Azza Wajalla." Pesan Abuwa kepada santri - santri.

"Pondok pesantren seperti inilah yang selalu bercahaya dan bersinar hingga menembus langit".

Saat ini jumlah santri yang telah menjadi alumni Madrasah Ulumul Qur'an mencapai 300 santri dan 160 santri masih tinggal dan belajar di pondok pesantren binaan Pemkab Pidie Jaya tersebut.

Diketahui sebelumnya, ponpes ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menggunakan Anggaran APBK TA 2020 melalui Dinas Pendidikan.

Selanjutnya Abuwa didampingi Pimpinan Pondok Pesantren Madrasah Ulumul Qur'an Edi Arman, M.AG meninjau beberapa Gedung Pondok dan ruang siap pakai untuk layak ditempati dan berfungsi dengan baik.

Beberapa bangunan seperti dua asrama plus kamar mandi, Gedung Utama dan dapur umum yang sudah layak pakai.(*)


Editor : Redaksi