Ticker

6/recent/ticker-posts

Dua Hari Ganjil Genap, Mobilitas ke Kota Bogor Turun Hampir 20 Ribu Kendaraan


Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut penerapan ganjil-genap pada akhir pekan kemarin mampu menurunkan mobilitas warga hampir 20 ribu kendaraan. Data tersebut didapat dari dua exit toll akses menuju Kota Bogor yang dihimpun Jasa Marga.

Pada Sabtu, 6 Februari 2021 tercatat kendaraan yang masuk dari gerbang tol Bogor 1 (exit Baranangsiang) dan Gerbang Tol Sentul Selatan 1 - Sentul Barat (exit Kedunghalang) sebanyak 46.773 kendaraan. Turun 17,3 persen (9.817 kendaraan) dari kendaraan yang masuk pada pekan sebelumnya (Sabtu, 30 Januari 2021) yang mencapai  56.590 kendaraan.

Begitupun pada Minggu, 7 Februari 2021. Kendaraan yang masuk dari gerbang tol Bogor 1 (exit Baranangsiang) dan Gerbang Tol Sentul Selatan 1 - Sentul Barat (exit Kedunghalang) tercatat 37.547 kendaraan. Turun 21,2 persen (10.125 kendaraan) dari hari yang sama pekan sebelumnya (Minggu, 31 Januari 2021)  yang mencapai 47.672 kendaraan.

Angka ini belum meliputi penurunan mobilitas warga di dalam Kota Bogor yang pada akhir pekan kemarin terpantau cukup lengang di titik-titik yang biasa macet. 

“Mungkin dugaan kami karena sosialisasi (ganjil-genap) sudah masif. Mungkin juga ada efek Ayu Ting Ting (yang diminta putar balik oleh petugas), sehingga tersampaikan kepada masyarakat. Mungkin juga ada (video/berita) viral-viral yang lain sehingga kemudian warga Jakarta dan sekitarnya menjadi sangat terinformasi,” ungkap Bima Arya di Balai Kota Bogor, Senin (8/2/2020).

Mengenai evaluasi, kata Bima, ada beberapa titik penyekatan dan checkpoint yang sudah berjalan dengan baik, ada beberapa pula yang masih perlu penguatan. 

“Keberhasilan ganjil genap kemarin menurut saya kuncinya adalah karena pengerahan personel dari kepolisian, TNI, Dishub dan Satpol PP  yang luar biasa di lapangan. Sehingga bisa maksimal. Kalau satu atau dua ada laporan tidak terkontrol, itu biasa. Tapi secara keseluruhan data menunjukan seperti itu. Karena itu, kami bersepakat bahwa ini akan dilanjutkan Jumat, Sabtu dan Minggu besok,” jelas Bima.

Bima menambahkan, selain ganjil-genap, perlu diiringi langkah-langkah lain agar kasus positif Covid-19 di Kota Bogor menurun. “Ini bukan akhir. Kita harus lihat nanti. Minggu depan ini laju kasus positifnya seperti apa? Karena itu seharian tadi koordinasi tiga pilar. Pemkot, Polresta Bogor, Kodim 0606 untuk merapikan kekuatan di bawah,” terang Bima.

“Kita akan buat posko-posko di wilayah, posko tingkat kelurahan untuk melakukan penguatan fungsi 3T (tracing, testing dan treatment). Posko ini akan terbentuk, arahan dari Pak Gubernur sesuai dengan edaran Mendagri. Jadi, hari ini dibentuk, kita akan rapikan lagu alur updating data dan lain sebagainya,” pungkas Bima.
Editor : Redaksi

Dilihat