Ticker

6/recent/ticker-posts

Kombatan GAM Pidie Jaya Terima Sertifikat tanah dari Wamen ATR/BPN

Kabarposnesw.co.id - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Surya Tjandra menyerahkan sertifikat tanah milik bersama untuk mantan kombatan GAM di Pendopo Bupati Pidie Jaya, Meureudu, Selasa (9/2/2021).

Setelah acara penyerahan tersebut, Surya Tjandra melakukan peninjauan langsung lokasi lahan dan melakukan panen perdana serai wangi di pegunungan Gampong (Desa) Abah Lueng, Kecamatan Bandar Baru.


"Kunjungan ke Pijay merupakan bagian lawatan ke beberapa kabupaten di Aceh, salah satunya Pijay untuk memastikan lahan untuk mantan kombatan GAM," katanya.

Pihaknya menyerahkan langsung sertifikat tanah tersebut bagi 755 mantan kombatan GAM serta memastikan lahan itu sudah digarap.

“Ke Pijay selain menyerahkan sertifikat tanah juga memastikan lahan sudah digarap oleh 755 mantan kombatan GAM,” ujar Surya.

Menurutnya, peningkatan ekonomi bagi seluruh mantan kombatan GAM juga menjadi tanggungjawab negara sehingga Pemkab Pijay telah mengupayakan lahan seluas 1.500 hektare.

Lokasi lahan yang telah diserahkan tersebut sudah ditanami beberapa komoditi pertanian.

Harapannya, lahan tersebut tidak diperjual belikan dan dikelola sebaik mungkin sebagai bagian dari peran pemerintah dalam mengayomi mantan kombatan GAM di Pijay

“Semoga lahan ini dapat dikelola dengan baik sehingga meningkatkan ekonomi keluarga mantan GAM,” tutupnya


Editor : Redaksi