Ticker

6/recent/ticker-posts

INI DIA SOSOK PENERIMA VAKSIN COVID-19 TERTUA DI INDONESIA


Eddy Yoshawirja menjadi penerima vaksinasi COVID-19 tertua di Indonesia. Eddy lebih tua 6 bulan dari Siti Rumende Harahap yang sebelumnya disebut penerima vaksin tertua.

Pria yang memiliki nama lahir Yo Tjin Hoa menjalani vaksinasi COVID-19 di umur 99 tahun. Bulan Juni mendatang, usianya genap 100 tahun.

Kakek asal Kota Bandung itu menjalani vaksinasi COVID-19 lansia dosis pertama di Rumah Sakit Santo Borromeus, Senin (1/3) lalu.

"Waktu pertama saya ajukan, sebetulnya Rumah Sakit Borromeus tidak ada respon lolos screening, tapi saya langsung berkomunikasi dengan (dokter) Rumah Sakit Borromeus yang menangani bapak secara rutin yaitu dr David Susilo," kata anak keempat Eddy Yoshawirja, Benny Yoshawirja (64) ditemui di kediamannya di Jalan Pecinan Lama, Kota Bandung, Selasa (9/4/2021).

Benny mengungkapkan, saat hari H ia juga menjalani vaksinasi COVID-19 lansia di Rumah Sakit Boromeus, namun untuk ayahnya belum mendapatkan kabar apakah bisa divaksin atau tidak.

Setelah dr David Susilo berkomunikasi dengan dokter lain, akhirnya Eddy Yoshawirja bisa menjalani vaksinasi di hari yang sama.

"Ternyata bisa, setelah konsultasi dengan dr Dian dan dr Monic, ada empat dokter, satu lagi dr Gideon yang merawat bapak," ungkap Benny.

Usai menjalani vaksinasi, Benny menyebut tidak ada keluhan yang dirasakan langsung oleh ayahnya.

"Enggak ada keluhan sama sekali, sebetulnya bapak ada sakit ginjal ada historis gagal ginjal faktor umur juga," paparnya.

Benny mengaku bangga, ayahnya yang lahir Tanggal 12, Bulan Juni, Tahun 1921 itu bisa ikut vaksinisasi COVID-19.

"Saya bangga bapak bisa ikut vaksinisasi, ini merupakan hal langka, umur sesenior ini bisa divaksinisasi," pungkasnya.

Eddy akan kembali menjalani vaksinasi COVID-19 dosis dua di Rumah Sakit Borromeus, Senin (29/3/2021) mendatang.

Sumber: Detikcom
Editor: Redaksi

Dilihat