Ticker

6/recent/ticker-posts

PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN BANDARA TORAJA


Kabarpos.Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Toraja di Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada hari ini, Kamis (18/3). Proyek itu menghabiskan anggaran sekitar Rp800-an miliar.

"Hampir setiap 6 bulan selalu saya tanyakan ke Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), kapan bandara, kapan airport di Tana Toraja ini selesai? Kok ga rampung-rampung. Akhirnya hari ini bisa kami resmikan dan sudah beroperasi," kata Jokowi usai meresmikan bandara dalam tayangan yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menuturkan proyek itu menghabiskan anggaran ratusan miliar karena harus memotong 3 bukit dengan membuang 6 juta meter kubik tanah untuk membangun landasan pacu (runway) sepanjang 2 Km. Nantinya, keberadaan bandara itu akan memangkas waktu perjalanan warga setempat ke ibu kota Makassar yang biasanya mencapai 9 jam lewat darat.

"Tadi saya coba dengan ATR lima puluh menit (dari Makassar)", ujarnya.

Ia meyakini keberadaan bandara itu tidak hanya akan mempercepat mobilitas orang dan barang tetapi juga akan membuat pariwisata domestik semakin maju.

"Pariwisata di sini saya meyakini akan sangat berkembang, baik dari Makassar, dari Bali langsung ke sini, dari Jakarta langsung ke sini, dari Bandung langsung ke Tana Toraja untuk melihat negeri di atas angin," terangnya.

Selain Bandara Tana Toraja, hari ini Jokowi juga akan meresmikan operasional Bandara Pantar di Kabupaten Alor, NTT. Bandara itu sudah dibangun sejak 2014 dan akan menampung 35 ribu penumpang.

Sumber: CNN Indonesia
Editor : Redaksi