Ticker

6/recent/ticker-posts

RW 05 di Kelurahan Bojongkerta Jadi Lokasi P2WKSS 2021


Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar rapat koordinasi terkait dengan penyelenggaraan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2021, di Balai Kota Bogor, Jumat (12/3/2021). 

Tahun ini, RW 03 Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan akan menjadi lokasi binaan pada program terpadu P2WKSS di Kota Bogor. Sehingga diharapkan, P2WKSS di wilayah Bojongkerta dapat meningkatkan peran wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Rapat koordinasi itu dibuka dan dihadiri Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Bima Arya, Kepala Kepala DPMPPA Kota Bogor Iceu Pujiati, Camat Bogor Selatan, dan Lurah Bojongkerta serta OPD terkait.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyatakan wilayah Bogor Selatan ini memang nyatanya memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang cukup rendah dibandingkan dengan wilayah kecamatan lainnya. Dengan P2WKSS ini diharapkan Bogor Selatan bisa lebih maju dan berkembang.

"Soal infrastruktur misalnya, bagaimana di Bogor Selatan ini kita buat terbuka, sehingga ekonomi masyarakat bisa berkembang. Salah satunya yang sekarang sedang dilakukan oleh Pemkot Bogor adalah akses Bogor Inner Ring Road (BIRR)," urai Dedie.

Upaya lainnya di Bogor Selatan, sambung Dedie, adalah penataan kawasan Batutulis. Nantinya, wisata sejarah akan dibangun di sana. Hingga saat ini, pengembangan kawasan di wilayah itu juga terus dilakukan.

Juga soal agribisnisnya. Kawasan Bogor Selatan saat ini juga sedang didorong untuk mengembangkan kekayaan agrikultural yang dimiliki. 

Khusus untuk Bojongkerta yang menjadi lokasi kegiatan P2WKSS tahun 2021, Dedie meminta dukungan dari semua unsur, termasuk OPD. Mulai dari sumberdaya keuangannya, ilmu dan pengetahuan serta sumber daya manusia yang memungkinkan semua itu bisa mendorong Bojongkerta lebih maju.

"Yang harus diperhatikan, ada harapan dan sasaran serta indikatornya ini harus jelas. Harus ada semacam baseline, sehingga kita bisa lihat seberapa banyak intervensi ini memberikan gebrakan. Dimana titik nolnya, ketika mencapai angka 100 itu bisa terukur secara sistematis," katanya.

Seperti yang diketahui, tahun lalu Kampung Cikeas di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur menyabet juara satu dalam perlombaan P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat. Sehingga, tahun ini kata Dedie, gelar itu harus tetap dipertahankan.

"Meraih itu lebih mudah dari mempertahankan. Saya pikir ini harus menjadi sejarah, bahwa Kota Bogor jadi langganan juara P2WKSS," tegas Dedie.

Ditempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Bima Arya mengatakan, ada beberapa hal yang akan dilakukan dalam program P2WKSS di Kelurahan Bojongkerta. Hal itu sesuai dengan tujuan pemberdayaan perempuan lewat program ini.

Pertama kata Yane, adalah tahap penyadaran dan pembentukan perilaku. Menuju perilaku sadar dan peduli. Sehingga merasa membutuhkan kapasitas diri. Lalu kedua, yakni tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, kecakapan keterampilan agar terbuka wawasannya.

"Dan memberikan keterampilan dasar, sehingga dapat mengambil peran di dalam pembangunan," kata Yane.

Langkah dan upaya yang terakhir dalam P2WKSS ini, adalah tahap peningkatan kemampuan intelektual. Dari kecakapan dan keterampilan itu, maka terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan kepada kemandirian.

"Kunci keberhasilannya adalah program terpadu, pemberdayaan perempuan, dan keluarga yang sehat serta sejahtera," tambah Yane.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor, Iceu Pujiati menambahkan, ada beberapa sasaran yang akan dituju. Seperti jumlah penduduk di Kelurahan Bojongkerta yang berjumlah 1.452 jiwa dalam 360 kepala keluarga (KK). Selain itu, akan ada 4 RT yang dibenahi lewat 100 KK binaan.

"Total anggaran yang akan disiapkan sekitar Rp 667 Juta. Mulai dari anggaran fisik hingga non fisik. Kita juga menggerakkan beberapa dinas yang terkait untuk memajukan Kelurahan Bojongkerta," pungkasnya.
Editor : Redaksi