Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketua Komisi IV DPRD Riau Tinjau Lokasi Banjir


PEKANBARU – Bencana banjir yang melanda beberapa titik di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, membuat Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau H Parisman Ikhwan turun meninjau di beberapa titik. Tadi malam sepulang Syafari Ramadhan Anggota DPRD Riau ini langsung menuju lokasi banjir di Tangkerang Labuai, dan Sabtu 24/04/2021 kembali turun meninjau banjir di Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya.
"Banjir di Kelurahan Sungai Sibam akibat Tanggul Jebol sehingga luapan air dari anak sungai akibat curah hujan terus mengguyur Kota Pekanbaru melanda bebera0pa titik perumahan di Kelurahan Sungai Sibam. Alhamdulillah, saat ini banjir sudah surut berkat kerja satu alat berat yang diturunkan berangsur memperbaiki tanggul," ujar salah seorang warga Bobby, Sabtu (24/04) di area lokasi, Kelurahan Sungai Sibam.

 Dalam kunjungan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau, H Parisman Ihwan SE dikatakannya, siap menambah armada alat berat untuk menyusuri anak sungai sibam di Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya, Pekanbaru dan melakukan pengerukan jika terjadi pendangkalan atau penyempitan. 

"Kita segera menurunkan alat berat, dan segera berkordinasi dengan pihak PU setempat, tukasnya (Parisman/red) kata Bobby.

 Sementara itu Politisi dari Partai Golkar, H Parisman Ihwan mengatakan, ini kunjungan insidentil ke beberapa titik di daerah pemilihannya. Sebagai wakil rakyat hendak melihat secara langsung warga di dapilnya menjadi korban banjir luapan sungai akibat hujan deras dua hari lalu, seperti kunjungan sekarang ini di Kelurahan Sungai Sibam. 

 Dari kunjungan itu, diketahui puluhan rumah penduduk, dan paling terdampak adalah warga Perumahan Dwi Beringin Indah yang tak jauh dari bibir sungai. Selain sungai hingga ke Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani.

 Ditempat yang sama, Camat Bina Widya, Edi Suherman dan Lurah Sungai Sibam, Sarnubi yang ikut turun dalam kunjungan ini mengatakan, sungai Sibam yang bermuara ke sungai Siak saat ini terjadi pendangkalan.

 “Akibat pendangkalan, sekarang aliran air keluar jadi kurang lancar. Karena itu kami tahun 2018 sempat melakukan normalisasi, dan rencananya program akan kita giatkan melakukan penghijauan di sepanjang pinggir anak sungai,” kata Camat.

 Parisman yang akrab dipanggil Iwan Patah mengaku setelah melihat secara langsung akan mencoba berkordinasi dengan pihak terkait. “Untuk sementara kita turunkan alat berat dulu melakukan pengerukan. Ini solusi sementara,” jelas Iwan Patah.

Dalam kunjungan singkat tersebut, politisi dengan slogan "Pe7arung" ini juga menyerahkan bantuan sembako untuk para korban banjir di Kelurahan Sungai Sibam. "Ini sekedar saja, kita berharap warga terdampak musibah ini, selalu sabar atas cobaan yang ada. Ini musibah kita bersama,” pesannya. 

(Anhar Rosal)
Editor : Redaksi

Dilihat