Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkab Aceh Utara Bersama Dinkes Aceh Utara Laksanakan Baksos Khitanan Massal 1650 Anak


KABARPOSNEWS.CO.ID I ACEH UTARA- Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara Bersama Dinas Kesehatan setempat menggelar Bakti Sosial Khitanan Massal untuk 1650 Anak kurang mampu yang ada di Aceh Utara.

Kegiatan Baksos Khitanan masal tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Fauzi Yusuf dan Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Aceh Utara Amir Syarifuddin di Pukesmas Lhoksukon. Pada Selasa, (27/04/2021).

Diwawancarain Jurnalis, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengatakan, "Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang mempunyai manfaat bagi masyarakat Kabupaten Aceh Utara, khususnya anak-anak Khitan wajib bagi umat muslim tentu nya, selain itu khitan baik juga bagi kesehatan," Kata nya

"Alhamdulillah secara simbolis agenda kita hari ini Dinas Kesehatan dan seluruh Pukesmas melaksanakan Sunat masal yaitu 1.650 orang anak, yang nanti nya akan di laksanakan ada 32 titik pukesmas di Aceh utara," ungkapnya

Lanjut Fauzi, peningkatan kegiatan sunat massal ini cukup signifikan, diharapkan kedepannya ini akan berkelanjutan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 ini.

"Harapan kita ke depan lebih banyak lagi anak-anak yang terdata untuk mengikuti sunatan massal yang dilaksanakan oleh Pemkab. Tidak hanya bagi fakir miskin diberikan kesempatan, masyarakat yang mampu juga kita mendata anak-anaknya." Tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, menjelaskan untuk jumlah 1.650 seluruhnya dikhitankan secara gratis serta diberikan bingkisan per-orang, Jelas nya.

"Setelah anak-anak itu disunat, mereka diberikan bingkisan satu kain sarung per-orang," katanya

Lanjut dia, program kegiatan Khitanan Masal ini yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Aceh Utara dalam bulan Suci Ramadhan tahun 2021 ini secara sukarela, ungkap nya.

"Petugas medis tanpa diberikan honorarium karena ini kegiatan sosial. Bahkan, ada Puskesmas yang pelaksanaan khitanan ini tidak selesai satu hari. Seperti di Puskesmas Syamtalira Bayu mencapai 206 orang sehingga membutuh waktu tiga atau empat hari untuk kegiatan ini," tambahnya.

"Apalagi tenaga kesehatan yang laki-laki minim di Aceh Utara, maka kita bagi shift beberapa hari dan diperkirakan selesai nanti nya hingga empat hari kedepan." Tutup nya.

Pewarta : Petak
Editor     : Redaksi