Ticker

6/recent/ticker-posts

Survei Kepuasan Pasien RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor, Setiap Bulan Meningkat


Kabarpos.Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merilis hasil survei kepuasan pelanggan atau pasien RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor dari Januari hingga Maret 2021. Hasilnya, setiap bulan tingkat kepuasan pasien Covid-19 meningkat.

Kepala  RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor, Yety Hariyati secara periodik setiap bulan melaporkan hasilnya. 

Adapun maksud dan tujuan kegiatan survei kepuasan pelanggan ini adalah sebagai evaluasi terhadap pelayanan kesehatan yang telah diberikan, bahan masukan terhadap perbaikan kualitas pelayanan kesehatan, Quality control pelayanan kesehatan, mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan rumah sakit khususnya, mengetahui karakteristik responden pelanggan RS Lapangan Covid-19 Kota Bogor dan mengetahui proporsi kepuasan pelanggan di Rawat Inap terhadap pelayanan: Dimensi Mutu yang sudah ditetapkan.

Ada 5 (lima) dimensi mutu pelayanan yang harus dipenuhi, yakni kecepatan, ketepatan, ketersediaan/keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan. Selain itu, ada 4 (empat) karakteristik responden, yaitu umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Januari, ada 31 orang yang di rawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 22 orang menyatakan puas (71%) dan 9 orang menyatakan tidak puas (29%).

Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 71%. 

Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian khusus, yaitu unit Pelayanan Dokter, Pelayanan Gizi, Pelayanan Sarana dan Prasarana.

Sementara di Februari, ada 33 orang yang di rawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 25 orang menyatakan puas (75,8%) dan 8 orang menyatakan tidak puas (24,2%).

Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 76%. 

Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian
khusus yaitu unit Pelayanan Gizi.

Kemudian Maret, ada 32 orang yang di rawat inap yang menjadi responden. Hasilnya, 25 orang menyatakan puas (78,1%) dan 7 orang menyatakan tidak puas (21,9%)

Kesimpulannya, kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 secara umum belum mencapai target (87,5%), yaitu sebesar 78%. 

Indikator Sasaran Pelayanan/Dimensi Mutu yang perlu mendapatkan perhatian
khusus yaitu unit Pelayanan Gizi. 

"Kepuasan pasien terhadap pelayanan di RS Lapangan Covid-19 selama tiga bulan operasional selalu mengalami peningkatan," kata Yety Hariyati.

Berdasarkan data rekapitulasi pasien di RS Lapangan Covid-19, Minggu (11/4/2021).
Jumlah pasien kumulatif 344 orang, pasien dirawat 7y orang.

Pasien sudah keluar 337 orang terdiri dari sembuh 283 orang, Isolasi mandiri (Isoman) 8 orang, rujuk 33 orang, APS atau pasien pulang atas kemauan sendiri 13 orang dan meninggal 0 orang.
Editor : Redaksi