Ticker

6/recent/ticker-posts

Yayasan Global Ikhwan gelar Temu Lapang Silaturahmi, Panen Ikan Minapadi Udang Galah



KABARPOSNEWS -    Kegiatan Kelompok Tani Barokah Sejatera dibawah naungan Yayasan Global Ikhwan Bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBP), Balai Riset Pemulihan Ikan Kelompok Tani Barokah Sejahtera (BRPI), mengadakan acara Temu Lapang dan Silaturahmi, Sekaligus Panen Ikan  Minapadi serta Udang Galah, diKebun Percobaan Muara Bogor IP2TP MURA, Jl. Kapten No.12, RT.01/RW13, Pasir Jaya Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/04/2021)).
   
Di hadiri Wakil Gubernur Jawa Barat,acara tersebut yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dirjen Perikanan, Dinas Tanaman Pangan dan HortiKultura, Balitbang, Ketua Pengawas BPJS Ketenaga kerjaan, Para Petani Milenial serta tamu undangan lainnya.
Pada kesempatan  Sambutannya Dirjen Perikanan Joni menyampaikan Udang Galah Ini adalah Produk yang sudah Dirilis Oleh Mentri dan mejadikan produk unggulan Kementrian Kelautan dan Perikanan.
Udang galah ini juga masih,kata Joni, merupakan salah satu komunitas yang sangat dini, karena tidak semua orang bisa melukan budidaya ini. 
“Alhamdulilah hari ini saya lihat ada sebuah keberhasilan memelihara udang galah tumbuh dengan baik seperti di tempat-tempat yang sudah jauh maju sebelumnya, artinya sudah bisa menyamai,” Ucapnya.
 
Pada kesempatan yang sama pula Dinas Tanaman Pangan dan HortiKultura diwakili  Ir. Ida Parida ucapkan terimakasih pada global ikhwan atas kerjasamanya dengan kebun muara adakan acara Temu Lapang dan Silaturahmi serta Panen Ikan Minapadi, Udang Galah, yang mana sebelumnya beberapa bulan yang lalu itu, kebun ini masih dalam keadaan banyak yang kosong, karena memang kegiatan hubungannya dengan Pandemi banyak kegiatan-kegiatan di Refocusing.
Ia pun berterimakasih pada penyuluh wilayah kerja Babakan Madang Kabupaten Bogor, telah sukses membina kelompok tani Barokah Sejatera bisa menghubungkan Pihak Swata dalm hal ini Global Ikhwan.

Tidak menutup kemungkinan masih kata Ida, kalau untuk kepentingan masyarakat dalam arti luas, yang mana ada peluang bisa memanfaatkan peluang, apalagi dengan adanya Permenpan 35 Tahun 2020, sangat menuntut  kinerja penyuluh, dalam mempasilitasi, baik itu Agro Input, Agro Produksi, Agro Processing.

Manfaat Minapadi ini banyak sekali,ada hubungannya dengan PHT (Pengelolaan Hemat Terpadu), sangat sinergi, Karena dengan adanya ikan-ikan di tanaman padi ini, dapat menghindarkan serangan hama-hama perairan tanaman padi.  

Wakil Gubernur Jawa Barat diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Berli Hamdani sampaikan maafnya atas ke tidak hadirannya wakil gubernur di acara tersebut, dikarenakan ada kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan,  namun beliau menyampaikan salam hangat untuk para yang hadir, dan berharap acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Seperti yang telah di ketahui bersama bahwa jawa barat menjadi tonggak perekonomian nasional, Selain wilayah yang strategis, yang memiliki ruang darat,sekaligus ruang laut, udara, dan meliput pantai yang membentang secara luas, membuka peluang ekonomi dalam sektor pertanian, perikanan, industri, kelautan, dan banyak sektor-sektor lainnya lagi.Pemerintahan pusat memandang Jawa Barat aset perekonomian nasional, apalagi dalam sektor pertanian jawa barat adalah sebagai lumbung padi nasional.

 Salah satu penggerak motor di Jawa Barat, Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing Dan Berkuwalitas, Salah satunya ada di tangan generasi muda kita. 
Dengan membangun generasi muda yang dinamis, Produktif,  Trampil, Menguasi Tekhnologi, Inovatif, didukung kerjasama dengan Industri, atau Stacholder lainnya tentunya klaborasi ini akan mengembangkan talenta global bagi generasi muda jawabarat kedepan.

Saat ini Provinsi Jawa Barat memiliki program petani milenial juara yang merupakan penentu kemajuan pertanian masa depan dengan inovasi dan pemanfaatan tekhnologi digital, yang tujuannya untuk menekan Urbanisasi dan diharapkan terwujudnya kemandirian pangan #Didesa Rejeki Kota Bisnis Mendunia.

Apresiasi juga disampaikan dengan mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Global Ikhwan yang memberikan pelatihan dan pembinaan kepada kaum milenial atau remaja di bidang pertanian peternakan perikanan dengan nuansa islami  "Atas nama pemerintahan Jawa Barat kami sangat memberikan
Silaturahim yang di adakan hari ini harapannya makin terjalinnya kolaborasi semua pihak, Pemda setempat, dan makin kuatnya Ukhuwah Islamiyah, danberhatap kerjasama dengan kementrian perikanan dan kelautan dapat terus ditingkatkan".

Dengan pengetahuan teknologi terkini, diharapkan akan menghasilkan Padi Ikan Udang Galah yang berkwalitas dan dapat memberikan manfaat  yang sebesar besarnya untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat indonesia, khususnya Jawa Barat.

Reporter : Iwan
Editor : Redaksi