Ticker

6/recent/ticker-posts

Di Musda KNPI Kota Bogor, Bima Arya Bakal Siapkan Youth Center dan Beasiswa S2 Bagi Pemuda Berprestasi


Wali Kota Bogor Bima Arya membuka Musyawarah Daerah (Musda) XV KNPI Kota Bogor di Hall Tenis Markas Korem 061/Suryakencana, Bogor Tengah, Kamis (6/5/2021). Dalam Musda yang mengagendakan pemilihan Ketua KNPI Kota Bogor periode 2021-2024 ini mengusung tema ‘Mengokohkan Peran Pemuda Sebagai Kekuatan Perekat Persatuan Dari Kota Bogor Menuju Indonesia Emas’.

Dalam sambutannya, Bima Arya menyebut bahwa Pemkot Bogor siap berkolaborasi dengan KNPI dalam menyelaraskan program bersama untuk kemaslahatan. Karena, bagi Bima, KNPI ini simbol persatuan pemuda di Kota Bogor untuk membangun karakter para pemuda.

“Saya sampaikan niat saya dihadapan semua. Pertama, kita sudah punya Perda Kepemudaan. Insya Allah kita akan turunkan dengan cepat dan segara dengan Perwalinya. Dan berdasarkan amanat dari Perda Kepemudaan tersebut, ada satu mandat untuk memfasilitasi kegiatan pemuda dalam bentuk Youth Center,” ungkap Bima Arya. 

Pemkot Bogor, lanjut Bima, bersama DPRD akan mendukung dan mewujudkan itu. “Mohon bantuannya Ketua Dewan, lahannya kita cari, anggarannya kita siapkan untuk membangun Youth Center di Kota Bogor. Karena yang sudah ada di GOR ini rasanya terlalu sempit. Kita butuh tempat yang layak untuk teman-teman pemuda, kita juga butuh ruang yang layak untuk berdiskusi, pelatihan, LDK, LK, supaya pembinaan terus berjalan. Mudah-mudahan bisa kita wujudkan bersama,” jelasnya.

Selain itu, Bima Arya juga merencanakan untuk menyiapkan beasiswa S2 bagi para pemuda yang berprestasi. “Supaya teman-teman aktivis panjang karirnya, cerah masa depannya, kita siapkan beasiswa S2. Beasiswa S1 sudah ada untuk SMA berprestasi. Tapi kami berharap, sama-sama kita desain untuk pemuda berprestasi, untuk aktivis yang matang, untuk aktivitas yang cerah masa depannya, kita siapkan beasiswa S2,” ujar Bima.

Dalam kesempatan tersebut Bima Arya juga mengapresiasi kiprah Bagus Maulana Muhammad yang selama tiga tahun menjabat sebagai Ketua KNPI Kota Bogor periode 2017-202. “Tahun pertama masa taaruf, penuh dinamika, agak banyak sekali cerita, tetapi perjalannya kemudian semakin matang, semakin berpikir panjang, sehingga mantap menjalankan KNPI berkolaborasi dengan semua,” terangnya.

Keberhasilan Bagus maulana dalam memimpin KNPI Kota Bogor, kata Bima, karena pintar dalam menempatkan momentum untuk kritis hingga berkolaborasi. “Jadi, Kang Bagus ini saya lihat sangat paham kapan harus kritis, kapan saatnya diam, dan kapan waktu berkolaborasi. Kadang-kadang banyak yang tidak paham, disaat harus diam, malah kritis. Disaat harus kritis, malah berkolaborasi. Atau ada yang setiap saat diam, setiap saat kritis. Tapi Bagus Maulana ini paham momentum yang tepat untuk berkolaborasi itu kapan. Dan di masa pandemi ini yang sangat menonjol adalah mengayomi, menginspirasi dan berkolaborasi dengan semua,” bebernya.

Bima berharap, pondasi yang sudah dibangun Bagus Maulana ini menjadi benchmarking bagi semua kandidat yang sedang bertarung. “Jadi, siapapun yang terpilih nanti, Insya Allah siap untuk berkolaborasi,” tandas Bima.

Di tempat yang sama, Ketua KNPI Kota Bogor 2017-2020 Bagus Maulana Muhammad mengatakan Musda XV KNPI Kota Bogor ke-15 diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang jauh lebih sukses dan lebih berjaya lagi.

“Karena kita yakin, kebersamaan dan kekompakan kita semua selaku organisasi kepemudaan bisa membawa manfaat lebih untuk masyarakat. Saya ucapkan terimakasih atas kebersamaan kita selama satu periode. Mudah-mudahan kedua sahabat yang berkompetisi ini mampu memaknai kompetisi dengan sehat dan sportif. Di panggung terakhir ini saya ingin menyampaikan bahwa pemuda harus tetap cepat tanpa mendahului, dan harus tetap tajam tanpa menyakiti,” pungkas Bagus.

Sebagai informasi, Sapta Bela Alfaraby terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Kota Bogor Periode 2021-2024 dalam Musda XV KNPI mengungguli kontestan lainnya, yakni Rivaldo Surya Dharma.

Editor : Redaksi