Ticker

6/recent/ticker-posts

Kasus Positif Covid-19 di Perumahan Bubulak Bertambah Jadi 32 Orang, Bima Arya: Harus Jadi Perhatian RW Siaga Lain


Kabarpos.Berdasarkan hasil tracing dan testing, kasus positif Covid-19 di Perumahan Griya Melati, Bubulak, Bogor Barat, bertambah 7 kasus. Sehingga total hingga saat ini menjadi 32 kasus. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor pun langsung memberikan treatment untuk dilakukan isolasi.

“Kami informasikan 55 sampel swab PCR warga Griya Melati hasil 7 positif dan 48 negatif. Jadi total kasus positif Griya Melati 25 kasus ditambah 7 kasus menjadi 32 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, Rabu (19/5/2021).

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kepada 7 tambahan kasus ini sudah diberikan treatment, baik memastikan isolasi hingga kebutuhan logistik dan obat-obatan.

“Yang tidak ada gejala tetap isolasi mandiri di rumah, yang ada gejala nanti diarahkan ke rumah sakit. Mayoritas sejauh ini gejalanya ringan saja, jadi isolasi mandiri. Tapi kami standby-kan petugas untuk memonitor kondisi kesehatan warga setiap hari,” ujar Bima Arya.

Menurut Bima, kasus di Perumahan Griya Melati ini harus menjadi pelajaran bagi kader-kader RW Siaga di wilayah lainnya. “Ini angka (positif) yang sangat besar (dalam satu lingkungan). Tentu ini menjadi atensi khusus bagi Satgas dan menjadi peringatan bagi RT/RW se-Kota Bogor agar tidak lalai mengidentifikasi orang yang baru datang dari luar kota,” kata Bima.

Untuk mengantisipasi warga yang baru datang dari luar kota, lanjut Bima, sudah dilakukan penguatan di wilayah. “Saya dan Pak Kapolresta menginstruksikan RT RW untuk mengikuti prosedur yang telah disepakati. Kalau ada yang pulang dari luar kota langsung di antigen, protokol kesehatannya seperti apa setelah itu. Jadi penguatannya di PPKM Mikro,” terangnya. 

“Warga yang datang,  lapor. Ataupun tidak lapor, kalau ada informasi langsung diarahkan segera swab antigen di Puskesmas. Wajib,” tandas Bima.

Sebelumnya, dilaporkan Kader RW Siaga setempat ada 25 warganya yang terpapar Covid-19 diduga terpapar dari kegiatan keagamaan dan ada salah satu anggota keluarga yang baru pulang dari luar kota. 

Kemudian, warga yang kontak erat dilakukan tracing sehingga menghasilkan 7 tambahan kasus positif menjadi 32 kasus.

Editor : Redaksi

Dilihat