Ticker

6/recent/ticker-posts

Pangdam XII/Tpr Berikan Pembekalan Pasis Dikreg XLVIII Sesko TNI Dalam Rangka Geladi Waskita Dharma


Kubu Raya, Senin (3/5/21) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLVIII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dalam rangka Geladi Waskita Dharma. Kegiatan berlangsung secara virtual dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr. 

Geladi Waskita Dharma ini dilaksanakan untuk melatih Perwira Siswa dalam menyusun rencana untuk mengantisipasi terjadinya ancaman bersenjata maupun ancaman non militer. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr menjadi obyek penyusunan rencana tindakan kontinjensi (Rentinkon) oleh para Perwira Siswa.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut menyampaikan,  bahwa Kodam XII/Tpr memiliki wilayah teritorial yang mencakup dua provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Pada wilayah Provinsi Kalbar terdapat Korem 121/Abw, 8 Kodim, 2 Kotamadya dan 12 Kabupaten, sedangkan wilayah Provinsi Kalteng terdapat Korem 102/Pjg, 7 Kodim, 1 Kotamadya dan 13 Kabupaten.

Selanjutnya, untuk wilayah Korem 121/Abw berada di Kalbar, secara geografis berbatasan dengan Negara Malaysia yang mempunyai garis batas sepanjang kurang lebih 966 Km. Oleh sebab itu, Kodam XII/Tpr bertanggung jawab dalam menjaga dan mengamankan perbatasan, karena di sepanjang perbatasan masih rawan adanya kegiatan ilegal maupun pelanggaran batas wilayah. 

"Namun demikian, sampai saat ini situasi wilayah Kodam XII/Tpr sangat kondusif dan tidak ada kejadian menonjol yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat di wilayah Kodam XII/Tpr," kata Pangdam.

Pangdam XII/Tpr mengatakan, kegiatan Geladi Waskita Dharma merupakan momentum yang sangat penting untuk dapat dijadikan sebagai sarana mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima dan kemampuan serta keterampilan para Perwira Siswa dalam menyusun rencana tindakan guna menghadapi kontijensi bagi Kotama Operasi TNI. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Dansesko TNI telah memberikan perhatian kepada Kodam XII/Tpr sebagai objek dalam penyusunan Rentinkon Pasis Dikreg Angkatan ke-48 Sesko TNI TA 2021 dan merupakan suatu kehormatan bagi Kodam XII/Tpr mendapat kepercayaan dari Sesko TNI dalam penyelenggaraan kegiatan ini," ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr)

Editor : Redaksi

Dilihat