Ticker

6/recent/ticker-posts

Pasang Purnama Menghantam Pesisir Pantai UJong Blang, Empat Desa Terendam Di Lhokseumawe


kondisi daerah yang terendam air laut saat pasang purnama

Kabarposnesw.co.id - Pasang purnama menghantam pesisir pantai Ujong Blang menjelang gerhana bulan yang diperkirakan akan terjadi pada Rabu, 26 Mei 2021.

Tidak sedikit objek wisata Ujong Blang Lhokseumawe terendam air laut. Bahkan, ada beberapa tempat dan kursi beserta meja rusak dihantam ombak setinggi satu hingga dua meter.

Kepada Jurnalis, Kalaksa BPBD Kota Lhokseumawe Hanirwansyah, S.T., M.T melalui Dansatgas SAR Kota Lhokseumawe Mohd Idrus mengatakan, "Pasang purnama yang terjadi setiap tahun, mengakibatkan 4 Desa di pesisir pantai Ujong Blang terendam air laut, 4 Desa tersebut yaitu Gampong Ujong Blang, Ulee Jalan, Hagu Barat Laut, dan Hagu Tengah," ungkapnya.

"Untuk saat ini air sedang surut, diprediksikan air pasang akan terjadi pada Pukul 20.00 Wib dan juga pada pagi hari yaitu Pukul 06.00 Wib. Air pasang tersebut biasanya terjadi 3 Hari berturut-berturut," katanya.

Lanjutnya, Pasang Purnama pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, air pasang pada tahun ini sangat parah dan gelombang air nya bisa mencapai Tiga atau Empat Meter sehingga air laut memasuki rumah warga.

"Untuk saat ini, kita melakukan koordinasi dengan Pusdalops BPBD Kota Lhokseumawe dan juga dengan Instansi terkait," tambahnya.

"Kita juga menghimbau kepada warga masyarakat di 4 Desa agar selalu waspada, ketika ada yang perlu di Evakuasi maka segera menghubungi Satgas SAR Kota Lhokseumawe dan juga Pusdalops BPBD Kota Lhokseumawe. Kita Stanby 24 Jam." Pungkas nya.

Reporter : Petak
Editor     : Redaksi