Ticker

6/recent/ticker-posts

Alumni Dayah Bustanul Huda Blangpidie Peringati Haul Abuya Tgk. Syekh H. Muhammad Syam Marfaly

 
Pesantren Bustanul Huda, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati Hari Ulang Tahun (Haul) ke-12 wafatnya ulama kharismatik Abuya Tgk. Syekh H. Muhammad Syam Marfaly

Kabarposnesw.co.id | Blangpidie - Alumni Dayah / Pesantren Bustanul Huda, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati Hari Ulang Tahun (Haul) ke-12 wafatnya ulama kharismatik Abuya Tgk. Syekh H. Muhammad Syam Marfaly, Pimpinan Dayah setempat, Kamis (3/6/2021).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, haul ulama yang dikenal dengan panggilan Abu Syam ini diisi dengan kenduri, pembacaan dalail khairat dan samadiyah (doa bersama) di kompleks Dayah Bustanul Huda, Desa Keude Siblah, Blangpidie.   

Selain para alumni yang umumnya sekarang menjadi pimpinan dayah di sejumlah daerah di Aceh, haul Abuya ke- 12 juga melibatkan masyarakat setempat dan dihadiri sejumlah tokoh. Turut hadir Wakil Ketua DPRA Safaruddin, S.Sos, MSP dan sejumlah anggota DPRK Abdya.  
Ketua Rabithah Alumni Dayah Bustanul Huda Blangpidie Tgk. Hasan Basri mengungkapkan bahwa peringatan haul kali ini digelar sederhana mengingat situasi yang masih dalam suasana Pandemi, sehingga alumni dayah yang berasal dari luar provinsi Aceh dan luar negeri tidak dapat hadir, mereka hanya dapat mengirimkan doa untuk Almarhum Abu dan Almarhumah Umi dari tempat mereka masing masing.

"Para alumni atau anak didik almarhum Abuya Muhammad Syam Marfaly dari seluruh Aceh, kembali ke Dayah Bustanul Huda di Gampong Keude Siblah untuk mengenang dan mendoakan guru dan ayah rohani mereka.", ucap pria yang akrab disapa Gure Hasan tersebut kepada redaksi.
Menurut Gure Hasan, Haul Abuya tahun ini hanya dilaksanakan satu hari satu malam yaitu pada hari Kamis (3/4/2021). Rabu malam (malam kamis), para alumni dan santri melaksanakan pembacaan Dalail Khairat dan dilanjutkan Samadiyah dan tahlil di Qubah Abuya.

Hari Kamisnya diisi dengan Tausiyah mengenang perjuangan Abuya yang disampaikan oleh Tgk. Bustaman Aziz (Pimpinan Dayah Raudhatul Ulum, Trumon Timur, Aceh Selatan) dan Tgk. Abu Bakar Barieh (Pimpinan Dayah Bustanul Huda, Mutiara Timur, Pidie ), kemudian dilanjutkan dengan Doa Samadiyah yang dipimpin oleh Tgk. Ismail Arsyad ( Pimpinan Dayah Darul Ulum, Susoh).

Diketahui sebelumnya, Abuya Syam Marfaly adalah salah seorang ulama besar di Aceh yang kharismatik dan disegani. Beliau dikenal istiqamah, tegas dan alim dalam fiqih syafi'iyah.

Abu Syam merupakan murid Syaikh Muda Waly Pendiri Dayah Darussalam, Labuhan Haji. Setelah lulus dari Dayah Darussalam, Pada tahun 1980, Abu Syam diamanahkan memimpin Dayah Bustanul Huda Blangpidie pasca meninggalnya Abu Syaikh Abdul Hamid Kamal, pemimpin Dayah sebelumnya.

Kepemimpinan dayah yang didirikan Abu Syaikh Mud ini sekarang dilanjutkan oleh Abu Muda Tgk. H. Muhammad Qudusi Syam Marfaly setelah Abu Syam berpulang ke Rahmatullah pada 8 Ramadhan 1430 H / 29 Agustus 2009 lalu.(*)

Editor : Redaksi