Ticker

6/recent/ticker-posts

Camat Dramaga himbau libatkan Masyarakat Desa dalam Program Samisade

Kabarposnews.co.id --  Program Bupati Bogor, Ade Yasin tentang Satu Milyar Satu Desa (Samisade) di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Bogor yang bertujuan untuk mendongkrak perekonomian dan peningkatan infrastruktur Desa, seperti diantaranya pembangunan jalan, TPT dan Drainase Desa dan lain - lainnya.

Camat Dramaga Kabupaten Bogor, Ivan Pramudia, S.Sos kemudian menjelaskan bahwa sebagai penanggung jawab verifikator tingkat Kecamatan berharap agar Kepala Desa dapat melaksanakan program Samisade sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Bogor no 83 tahun 2020.

Ivan pun mengatakan sebelum melaksanakan program Samisade, Pemerintahan Desa harus melakukan Musyawarah Desa (Musdes) untuk menentukan tim pelaksana kegiatan, membuat jadwal kegiatan dan menetapkan jadwal waktu kegiatan dalam pengerjaan sesuai tahap awal pada termin pertama 40 persen dengan memprediksi faktor cuaca. 

Diungkapkan pula oleh Ivan bahwa dalam setiap pelaksanaan Musdes di masing - masing Desa, akan memberikan gambaran secara tekhnis, bahwasanya pengerjaan Samisade walaupun melalui Program Padat Karya Tunai sesuai intruksi Bupati Bogor, namun ada beberapa pekerjaan secara Tekhnis yang harus dikerjakan oleh tenaga ahli, diantaranya bekisting pada betonisasi dan itu tertuang dalam aturan harus dilakukan oleh tenaga ahli. 

"Dalam pengerjaan program Samisade melibatkan warga Desa, kemudian Kepala Desa harus menjelaskan kepada BPD, LPM dan masyarakat sekitar yang wilayahnya akan dibangun", tegas Ivan. 

Selanjutnya Ivan membeberkan bahwa pada program Samisade, tidak semua Desa mendapat bantuan sebesar satu Milyar, akan tetapi untuk besaran dananya ditetapkan melalui hasil verifikasi yang dilalukan oleh tim Tekhnis Kecamatan, UPT Jalan dan Jembatan serta UPT Pengairan yang wikayah tugasnya meliputi Kecamatan Dramaga. 

Kedepannya Ivan berharap agar Infrastruktur Desa lebih bagus dan pergerakan masyarakat lebih cepat sehingga dapat menggeliatkan roda perekonomian masyarakat Desa yang berada di wilayah Kecamatan Dramaga khususnya dan Kabupaten Bogor pada umumnya, Jelas Ivan. 

Kurniawan
Editor : Redaksi