Ticker

6/recent/ticker-posts

Edukasikan Bela Negara, Menwa Batalyon VII Satria Pase Unimal Laksanakan Pra Pendidikan Dan Latihan Dasar Militer


Resimen Mahasiswa Batalyon VII Satria Pase

Kabarposnesw.co.id I Lhokseumawe – Resimen Mahasiswa Batalyon VII Satria Pase atau lebih dikenal dengan Menwa Unimal pada Jum'at, (04/06/2021) telah resmi menggelar kegiatan pembekalan pendidikan latihan dasar militer. 

Kegiatan Pra Pendidikan Dasar Militer (Pradiklatsarmil) ini dibuka di kampus bukit indah. Acara tersebut diagendakan selama Satu Minggu di Lapangan Sepak Bola Bukit Indah, Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh.

Kegiatan dilaksanakan secara terorganisir sesuai dengan peraturan pemerintah tentang penerapan larangan penyebaran Covid-19. Setiap anggota yang mengikuti kegiatan baik dari pihak satgas maupun siswa wajib menerapkan peraturan 3 M, yaitu Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan.
Kepada Jurnalis, Dansatgas Menwa Batalyon VII Satria Pase Unimal Sukirman mengatakan, “Acara Pra Pendidikan dan Pelatihan Dasar Militer ini kita laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, kami juga telah menyediakan masker dan hand sanitizer baik kepada siswa maupun satgas yang tengah bertugas. Tentu saja jaga jarak juga menjadi prioritas utama kami," kata nya pada Senin, (14/06/2021).

Selain itu, sebelum acara dilangsungkan pihak Satgas anggota Menwa telah terlebih dahulu melakukan rapid tes di kampus kedokteran unimal, cunda. “Kami sebelum melakukan kegiatan ini sudah terlebih dahulu melakukan Rapid Tes. Hasilnya, alhamdulillah semuanya Negative dari 21 orang yang mengikuti rapid tes di Kampus Kedokteran Unimal yang berada di Cunda,” tuturnya

"Kegiatan Pradiklatsarmil ini juga mengikutsertakan beberapa Alumni dan juga Pemateri dari luar, hal ini bertujuan untuk memberikan materi pelajaran kepada siswa seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya saja jumlahnya dibatasi karena mengingat situasi dan kondisi yang tengah dalam masa Covid-19." Tandas nya.

Disisi lain, Komandan Menwa Batalyon VII Satria Pase Unimal Rajali mengatakan, “Kendala terbesar saat pelaksanaan pradik ini adalah kami tidak bisa dengan bebas memasukan siapa saja untuk terjun secara langsung kelapangan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya ada beberapa alumni serta pemateri dari luar, seperti TNI, POLRI, dan BPPD, serta BNN Lhkoseumawe. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kerumunan di tempat terbuka serta menjaga ketertiban yang telah disepakati sebelumnya," kata nya

Kegiatan yang dilaksanakan selama Satu Minggu  ini bertujuan untuk mencari kader-kader terbaik Bela Negara.

“Tujuan kami dalam kegiatan ini adalah untuk mencari kader-kader baru bela negara yang sadar akan tanggung jawab terhadap bela negara. Kami pun sadar bahwa pemahaman bela negara menjadi topik hangat bagi masyarakat awam yang sama sekali tidak mengerti tentang pentingnya edukasi bela negara, apalagi di masa seperti saat ini.” Jelas Rajali.

“Selain itu kami berharap kepada para mahasiswa yang telah belajar mengenai edukasi bela negara dapat bertangung jawab penuh terhadap masa depan bangsa dan negara. Hal ini juga sesuai dengan semboyan kami, yaitu ‘Widya Castrena Dharma Siddha’ yang artinya penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan.” Tutup Danmenwa Rajali.

Bela negara memang sangatlah pentig bagi masyarakat terlebih lagi bagi mahasiwa yang tengah menempuh pendidikan. Semua ini semata-mata untuk meningkatkan kesadaran diri akan bela negara serta memotivasi mereka untuk terus berjuang membela negara kesatuan republik Indonesia ini.

Reporter : M. Zulfan
Editor      : Redaksi