Ticker

6/recent/ticker-posts

TP- PKK Pijay Gelar Lomba B2SA

Kepala distanpang Pidie Jaya,drh.Muzakkir memberikan kata sambutan saat pembukaan lomba B2SA di pendopo setempat, Selasa, (22/6/2021).

Pidie Jaya | Kabarposnesw.co.id - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pidie Jaya,menggelar lomba masak beragam bergizi seimbang dan Aman (B2SA)dipusatkan di pendopo Bupati setempat, Selasa, (22/6/2021).

Ketua Tim Penggerak PKK Pidie Jaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan di kabupaten setempat yang telah Ikut berpartisipasi dalam mengikuti lomba B2SA.

Maksud dan tujuan lomba B2SA Untuk menciptakan kreatifitas dan variasi menu makanana baik Itu dari khas daerah maupun variasi keluarga, sehingga terciptanya menu berbasis sumber daya lokal dengan bahan-bahan pangan yang bernilai gizi yang baik.

Sementara Kadistanpang Pidie Jaya, drh Muzakkir, dalam sambutan nya mengatakan, Pihak nya bersama pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sangat mendukung dan mengapresiasikan terhadap kegiatan Tim Penggerak PKK Pidie  Jaya.

Dikatakan Muzakkir, dalam rangka mencerdaskan dan menyehatkan anggota masyarakat terutama anak-anak sebagai generasi penerus yang merupakan tanggung jawab pemerintah, untuk itu pihak nya (distanpang) dan juga pihak dinas kelautan dan perikanan (DKP) setempat sangat mendukung dan mendorong agar selain akses pendidikan yang terpenuhi asupan gizi juga harus menjadi perhatian yang serius demi menunjang generasi penerus bangsa yang cerdas,.
Lanjut Muzakkir, melalui pelaksanaan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2 SA) berbasis sumberdaya lokal ini diharapkan kepada peserta dari TP PKK maupun peserta lomba untuk lebih termotivasi untuk meningkatkan kreativitas dalam penyusunan menu B2SA serta selalu meningkatkan menu sehat yang memenuhi kaidah bargizi, beragam, seimbang dan aman bagi keluarga.

Di setiap tahunnya,secara rutin pihak nya dan DKP serta TP PKK setempat melaksanakan kegiatan perlombaan ini sebagai ajang sosialisasi konsumsi pangan termasuk hasil perikanan, upaya meningkatkan gizi masyarakat melalui keanekaragaman pangan perlu terus dilakukan melalui berbagai kegiatan  demi menunjang kedaulatan kebutuhan pangan nantinya.

"Misal kan, ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola dan budaya konsumsi masyarakat, namun juga harus diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah agar menjaga AKG (Angka Kecukupan Gizi) perkapita nya terpenuhi," ungkap Muzakkir sembari  menyebutkan Pidie Jaya memiliki potensi pertanian dan perikanan yang begitu besar, tetapi potensi dimaksud tidak akan bermanfaat bila luput dari kepudulian semua pihak, maka melalui kegiatan perlombaan tersebut pihak nya telah mendorong  dan menstimulasikan sebagai langkah awal dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat dan menurunkan laju stunting di temgah-tengah masyarakat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas pertanian dan pangan Aceh, diwakili oleh Kabid Pangan, Fadhil, kepala Distanpang Pidie Jaya, Drh. Muzakkir, dan 2 orang Kabid nya, Syafril dan M.Nur, Kepala DKP, Burhanuddin diwakili Kabid budidaya, Zulkarnain, Ketua Tim Penggerak PKK Pidie Jaya, Darnawati,dan Wakil nya, Syarifah Hasnah, kepala Dinsos yang juga pengurus TP PKK, beserta sejumlah pengurus lain nya.

Sementara Tim penilai lomba B2SA yaitu dari TP PKK Kabupaten dan ahli gizi.

Berikut juara masak menu cipta B2SA Pidie Jaya 2021.

Juara 1. Kecamatan Meureudu, Juara 2 Kecamatan Bandar Baru ,sedangkan juara 3 kecamatan Bandar Dua.

Sementara juara harapan
I, Kecamatan Jangka Buya, Juara harapan II, Kecamatan Panteraja, sedangakan Juara Harapan III, Kecamatan Ulim.

Sementara kategori gembira serba ikan, juara 1 diraih oleh Kecamatan Trienggadeng, juara 2 diraih oleh Kecamatan Bandar Dua.

Reporter : AA
Editor : Redaksi