Ticker

6/recent/ticker-posts

Gaji Pekerja Lulusan Universitas Rata-Rata Rp4,5 Juta

Gaji Pekerja Lulusan Universitas Rata-Rata Rp4,5 Juta
Upah rata-rata buruh atau gaji pekerja lulusan universitas masih menjadi yang tertinggi pada Februari 2020, yakni sebesar Rp4,56 juta per bulan. 

Hal itu terungkap dalam laporan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS), Selasa (5/5/2020). 

Berdasarkan catatan tersebut, Kepala BPS Suhariyanto menyimpulkan, semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditamatkan maka upah yang diperoleh juga akan meningkat.

"Upah buruh berpendidikan universitas sebesar Rp4,56 juta, sedangkan upah buruh berpendidikan SD ke bawah sebesar Rp1,79 juta. Ini juga berarti bahwa buruh berpendidikan universitas menerima upah 2,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan buruh berpendidikan SD," tuturnya dalam siaran pers online dikutip merdeka.com.

Untuk upah buruh per Februari 2020, Suhariyanto melanjutkan, besarannya secara rata-rata yakni Rp2,92 juta per bulan. Adapun rata-rata upah buruh laki-laki sebesar Rp3,18 juta, dan perempuan Rp2,45 juta.

Suhariyanto mengatakan, tenaga kerja di sektor pertambangan dan penggalian memiliki pendapatan bulanan terbanyak, yakni sekitar Rp5,10 juta. Dimana laki-laki Rp5,63 juta per bulan dan perempuan Rp5,08 juta per bulan.

"Kalau sektor dengan upah terendah itu di jasa lainnya seperti calon, buruh cuci, yang sebesar Rp1,71 juta (per bulan)," ujar Suhariyanto.*

Dilihat