Ticker

6/recent/ticker-posts

Rumah Youtuber Ferdian Paleka Digeruduk Massa Usai Bikin Prank

Rumah Youtuber Ferdian Paleka Digeruduk Massa Usai Bikin Prank
Nama Youtuber Ferdian Paleka trending topic di Twitter, Minggu (3/5/2020) hingga Senin.

Youtuber ini menjadi perbicangan waranet di Twitter dan Instagram karena membuat konten prank kepada transpuan dengan memberikan kardus sembako yang ternyata berisi sampah dan batu bata.

Rumah Ferdian di Kabupaten Bandung pun digeruduk massa. Warga marah karena ia dinilai merendahkan derajat manusia.

Akun Instagram Kabar Jabar mengunggah tiga foto yang menunjukkan rumah Ferdian di Kavling Bojong Koneng Indah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, digeruduk warga bersama polisi.

Satu unit mobil bak kepolisian pun terlihat di unggahan itu hendak mengangkut Ferdian. "Kabarnya doi gak ada di rumah alias kabur," tulis Kabar Jabar.

Prank Sampah dan Batu

Ferdian bersama dua temannya membuat prank dengan berkedok memberikan kardus yang dibilang berisi sembako untuk transpuan.

Tapi, kardus yang dibilang berisi sembako itu ternyata sengaja diisi sampah dan batu bata. Kardus sampah dan batu itu diletakkan di bagasi mobil.

"Jadi, kita akan mensurvei bencong di bulan puasa ada apa gak. Kita akan membagikan sembako bahan pangan yang isinya batu bata dan sampah. Kalau ada bencong, kardus-kardus ini kita bagi, kalau tidak ada, berarti kota ini aman akan waria," kata Ferdian bersama seorang temannya sebelum berangkat mencari korban.

Unggahan konten prank itu kemudian diunggah di akun Youtube Ferdian pada Minggu pagi, 3 Mei 2020, dan langsung menuai hujatan.

Netizen menilai aksi itu tidak terpuji dan merendahkan derajat manusia. Netizen beramai-ramai melaporkan konten itu hingga diturunkan oleh Youtube lantaran mengandung kebencian dan kekerasan.

"Cara lu nyari duit gak lucu gan ,doa gw semoga Allah membalikan derajat lu ke paling bawah& inget masih ada akhirat neraka menantimu," tulis Wahyu Prakoso.

"Dari dulu ni orang kontennya sampah semua, tambah lagi yang sedang viral ini bener-benar biadab ..," ucap Kirana Larasati.

Di dalam video itu, Ferdian menunjukkan dia merasa benar atas tindakannya yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan itu.

"Jadi kalian jangan hujat kita karena ini bulan Romadon, kita mau membantu pemerintah membersihkan sampah masyarakat," ucapnya.

Ferdian Paleka adalah Youtuber dengan subscriber tak sampai 100 ribu. Ia menemukan dua transpuan dan langsung memberikan dua kardus sampah dan bata yang diterima tanpa curiga.

Wajah bahagia dua transpuan itu saat mengira mendapatkan rezeki dari orang yang dikiranya baik. Sementara dari balik kaca mobil, Ferdian dan teman-temannya terlihat tertawa telah berhasil memperdaya transpuan itu.

Konten inilah yang mengundang kecaman dari netizen. Warganet beramai-ramai melaporkan konten ini hingga berhasil diturunkan oleh pihak Youtube.

Kecaman tak berhenti di situ. Konten Ferdian yang lain pun tak luput dari kecaman netizen.

Dilihat