Ticker

6/recent/ticker-posts

Posling, Inovasi Pencegahan Stunting di Masa Pandemi Covid-19


KABARPOSNEWS.CO.ID.Berjalan dari rumah ke rumah (door to door) menyambangi setiap rumah bayi, balita dan ibu hamil menjadi rutinitas para kader-kader posyandu di masa Pandemi Covid-19. 

Membawa tas berisi perlengkapan untuk menimbang bayi/balita serta vitamin untuk bayi/balita, para kader posyandu yang tak lagi mengenal lelah ini, dengan ramah dan profesional melakukan pelayanan Posyandu Keliling (Posling) langsung ke rumah sasaran.

Sambutan antusias dan bahagia dari ibu-ibu hamil, para ibu bayi dan balita sudah cukup menjadi energi dan semangat tambahan para kader posyandu menjalankan rutinitas Posling. 

"Di awal masa Pandemi Covid-19, kegiatan posyandu sempat terhenti dan hanya melakukan pemantauan via grup WhatsApp dengan sasaran bayi/balita dan ibu hamil," ujar Ketua Pokja 4 Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Meira Sofia, Rabu (11/11/2020).

Meira mengatakan, dengan terhentinya kegiatan posyandu selama beberapa bulan, menjadi kekhawatiran Tim Penggerak PKK dan DPMPPA Kota Bogor akan terjadinya stunting pada bayi/balita Kota Bogor. 

Tak ayal, pada Agustus lalu bertepatan dengan bulan imunisasi Posyandu kembali digerakkan dengan konsep posyandu Keliling (Posling). 

"Ada jadwal keliling untuk para kader mendatangi rumah-rumah sasaran didampingi tim dari Puskesmas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat " imbuh Meira.

Kegiatan Posling ini sangat diapresiasi para ibu dan ibu hamil, karena mereka tidak perlu lagi datang ke Posyandu yang rentan penularan Covid-19 karena kerumunan. Tak hanya itu dengan Posling cakupan sasaran pun menjadi lebih tinggi.

"Pelayanan posyandu di Posling itu utamanya penimbangan bayi/balita, penyuluhan ketika timbangan bayi/balita berkurang dan juga pemberian vitamin," pungkasnya. (fla/ryan/prokompim).
Editor : Redaksi