Ticker

6/recent/ticker-posts

Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Bogor Ade Yasin Dan Wakil Bupati Iwan Setiawan Raih Puluhan Penghargaan Hingga Satu Milliar Satu Desa


Bogor, kabarposnews.co.id. - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan untuk bekerja melayani masyarakat.Berbagai terobosan dan inovasi dilakukan. Selain melakukan refocusing anggaran senilai Rp.866 milliar lebih untuk penanganan Corona Viirus, Pemerintah Kabupaten Bogor juga menelurkan sebanyak 277 inovasi daerah ditahun 2020.

Usaha ini pun berbuah manis.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri memberikan apresiasi.Pemerintah Kanupaten Bogor mendapat predikat sebagai Kabupaten/Kota terinovatif di Indonesia.Penghargaan diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnivian, pada malam puncak ajang Innovative Government Award (IGA) 2020, di Sultan Hotel and Residence, Juma'at (18/12/2020).

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat melakukan perubahan-perubahan baru di Kabupaten Bogor.Tidak ada Superman di Kabupaten Bogor yang adalah Superteam", kata Bupati Bogor Ade Yasin saat penyampaian Refleksi akhir tahun 2020 di Pondopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (30/12/2020). 

Capaian inovasi di 2020 yang mencapai 227 ini memang luar biasa.Meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2019 yang berjumlah 134 Inovasi.Bentuk inovasi ini seperti, pelayanan Publik dan inovasi tata kelola pemerintah Daerah, baik digital maupun non digital diantaranya, dalam bidang kesehatan, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, kepegawaian, pendidikan, pangan, penanaman modal, pertanian, keuangan, kearsipan, komunikasi dan informatika, UMKM, pariwisata dan sebagainya.

Sementara disaat yang sama, keberhasilan dan kesuksesan Bupati Ade Yasin dan Wakil Iwan Setiawan selama memimpin dua tahun terakhir juga terus menuai perhatian dan penghargaan, mulai dari level Nasional maupun Provinsi.Untuk penghargaan tingkat Nasional berjumlah delapan dan penghargaan tingkat Provinsi berjumlah Tujuh belas, jika ditotal maka puluhan penghargaan yang berhasil diraih.

Diantara penghargaannya, penghargaan Bupati Entrepreneur Award 2019, penghargaan Anugrah Pandu Negeri untuk kategori Gold (Sangat baik) dari Indonesian Institute for Public Governace (IIPG), penghargaan Tin Koordinasi Kerjasama Daerah Kabupaten Bogor terbaik tahun 2019 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan penghargaan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) provinsi Jabar sebagai pejuang perempuan dimasa pandemi covid-19 dalam acara Women Expo KNPI Jabar 2020.

Tak hanya itu, duet Ade Yasin dan Iwan Setiawan juga berhasil mengantarkan 41 Desa tertinggal naik tingkat menjadi Desa berkembang, maju bahkan mandiri.Itu cermin dari progres Indeks Desa Membangun (IDM).Dari jumlah 45 Desa tertinggal kini hanya tersisa empat Desa saja.Empat Desa tersebut ialah, Desa Cilaku Kecamatan Tenjo, Desa Sukarasa Kecamatan Tanjungsari, Desa Bunajaya Kecamatan Tanjungsari dan Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga."Kita target di 2021 tidak ada lagi Desa yang tertinggal", ujar Ade Yasin.

Betonisasi jalan Desa juga dikerjakan melalui program Samisade (Satu Milliar Satu Desa).Program satu Milliar satu Desa  ini diluar dari program yang telah berjalan dari pemerintah pusat, kemudian pembangunan jalan proses Tengah Timur yang tengah berjalan dimana Pemkab Bogor mendapatkan komitmen bantuan dari pemerintah pusat untuk pendanaannya.

Proyek ini fenomenal, karena menghubungkan dua Daerah yakni, Bogor dan Cianjur sebagai salah satu solusi kemacetan Puncak.Kemudian penataan kawasan simpang Sentul, pembangunan jalan Bojonggede-Kemang, pembangunan Lingkar Luar Cibinong, pembangunan jalan Bantar Karet - Pabngbon, revitalisasi jembatan Rawayan, penataan kawasan simpang Parung, lingkar luar Gunung Sindur, park and Ride Bojonggede, pembangunan jembatan Cimapag, pembangunan jembatan Gerendong, dan penyediaan ruang terbuka terbuka publik khususnya dikawasan Cibinong dan dibeberapa titik di Kecamatan lainnya.

"Semua itu terangkum dalam program Pancakarsa khususnya Karsa Membangun".

Dalam bidang keuangan juga tak kalah istimewa.Pemkab Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin dan Iwan Setiawan membuat tradisi penghargaan dalam tertib administrasi keuangan.Hingga 2020 ini, Pemkab Bogor  sudah diganjar dua kali lipat berturut-turut, meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI."Ini sebuah prestasi yang istimewa, tak hanya bagi Pemda tapi juga bagi masyarakat di Bumi Tegar Beriman", tutur Ade Yasin.

Tahun 2020 juga merupakan tahun keprihatinan, khususnya bagi warga Kabupaten Bogor.Diawal tahun 2020 terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Gunungputri.

Pemkab Bogor pun bergerak cepat melakukan aksi tanggap darurat.Semua Sumberdaya dikerahkan untuk membantu masyarakat yang menderita akibat banjir dan longsor, sedikitnya 262 hunian sementara dibangun, 46 MCK didirikan.Tak hanya itu, bantuan pemerintah pusat Rp.25 milliar untuk membangun hunian tetap untuk warga terdampak telah tersalurkan dengan baik.Saat ini, Pemkab Bogor juga masih fokus ke pemulihan pasca bencana alam.

Setelah itu,"badai" kedua kembali datang.Pandemi Covid-19 mengguncang dunia termasuk didalamnya Kabupaten Bogor.Atas intruksi Bupati Bogor Ade Yasinrefocusing anggaran APBD pun dilakukan.Nilai refocusing mencapai Rp.866 milliar.Dana sebesar itu diantaranya untuk memberikan Bansos bagi warga terdampak, membagikan APD, masker dan Hand sanitizer.Dan membentuk pusat isolasi Covid-19 di Kemang Bogor.Tak lupa pula melakukan kampanye dan penegakan hukum 3 M, merekrut relawan medis dan non medis, serta melaksanakan swab dan rapid ditempat rawan ketumunan.

Pemkab Bogor juga menerbitkan Kartu Bogor Cerdas, pemberian beasiswa, pelayanan PKBM untuk pesantren Salafiyah, bantuan untuk sekolah dan guru madrasah, penambahan 4 jam pendidikan agama serta pemasangan 240 titik Wifi untuk mendukung pendidikan jarak jauh yang dilaksanakan saat pandemi.

Selanjutnya yang tak kalah penting, pemkab Bogor juga memberikan bantuan modal untuk UMKM dan korban PHK akibat pandemi.Graha Panca Karsa sebagai pusat sistem layanan dan rujukan terpadu untuk PMKS juga telah diresmikan.

Ade Yasin mengatakan,"bahwa semua program itu sebagai bentuk komitmennya untuk mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban melalui program Pancakarsa."Di 2021, insya Allah juga akan dimulai pembangunan Islamic Center dan penataan "ibu kota" dari Cibinong hingga Sentul", tutup Pemerintah Kabupaten Bogor Ade Yasin (Rossa).,
Editor : Redaksi

Dilihat