Ticker

6/recent/ticker-posts

Kota Bogor - Palembang Menjalin Kerja Sama Smart City


KABARPOSNEWS.CO.ID.KOTA BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Pemkot Palembang menjalin kerja sama di sektor pembangunan teknologi informasi pengembangan Smart City dan E-Government. 

Penandatanganan kerja sama dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Rabu (2/12/2020).

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa menuturkan, perjanjian tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, (8/9) lalu. 

Adapun maksud kesepakatan bersama ini untuk pengembangan Smart City dan E-Government sebagai pedoman dalam melaksanakan alih pengetahuan dan pengalaman terbaik (Best Practice) antar aparatur pemerintah (City Sharing), menciptakan keterpaduan pembangunan antar kawasan perkotaan, mewujudkan efisiensi, efektivitas dan sinergitas dalam penyelenggaraan pembangunan di samping penyediaan umum kepada masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sedangkan tujuannya adalah untuk mempercepat pembangunan daerah, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah. 

Ratu Dewa menyebutkan, kesepakatan kerja sama yang terjalin diharapkan meliputi sektor yang lainnya untuk dipelajari. 

"Perjanjian kesepakatan kerja sama ini adalah wujud nyata dari tindak lanjut kunjungan kerja Wakil Wali Kota Palembang. Setelah dari sini kami akan action langsung di Kota Palembang," tuturnya. 

Sebelum melakukan penandatanganan, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyebutkan,  Kota Bogor telah membangun fiber optik yang sudah tersebar hampir ke semua wilayah, termasuk di perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bogor. 

"Alhamdulillah, fiber optik di Kota Bogor sudah hampir ke semua wilayah. Khusus untuk kelurahan tinggal 10 persen dari 68 kelurahan yang belum terpasang fiber optik,” katanya didampingi Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

Menurutnya, keberadaan dan pemanfaatan fiber optic sangat mendukung kinerja dan pelayanan. Selain itu di Kota Bogor sudah dipasang CCTV dan fasilitas Wifi publik. Dimana keberadaan Wifi ini semakin terasa manfaatnya bagi masyarakat Kota Bogor di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sekda Kota Palembang dalam kunjungan tersebut didampingi Kepala Dinsos, Kepala Diskominfo, Kasatpol PP, Kepala Dishub dan Kepala Dinas LHK Kota serta beberapa kepala bagian dan aparatur wilayah. (Prokompim)
Editor : Redaksi

Dilihat