Ticker

6/recent/ticker-posts

Patroli Malam, Satgas Yonif 407 Temukan Puluhan Botol Miras di Jalur Lintas Tradisional


KABARPOSNEWS.CO.ID.JAKARTA,  – Patroli malam pada jalur lintas tradisional, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padmakusuma menemukan puluhan botol miras merk Benson di Dusun Mentari, Desa Sepindang, Kecamatan Badau.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (8/12/2020).

Diungkapkan Dansatgas, puluhan botol miras dalam dua kardus tersebut ditemukan Pos Mentari Satgas saat menggelar patroli malam pada Senin (7/12/2020).

“Setelah dilakukan pengecekan dalam dua kardus tersebut ada 96 botol miras merek Benson yang berasal dari Malaysia, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, penemuan miras berawal dari kegiatan patroli malam yang dilakukan oleh 4 personel Pos Mentari SSK I Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK di jalur lintas tradisional Dusun Mentari, Desa Sebindang, Kecamatan Badau menggunakan sepeda motor.

"Dalam patroli ini, salah satu anggota melihat jejak masuk ke arah semak. Karena merasa curiga, personel kemudian melaksanakan penelusuran dan pengecekan di sekitar semak tersebut, dan ditemukan 2 kardus berisi 96 botol miras merk Benson yang ditutupi dedaunan,” jelas Catur Irawan.

Menurut Catur, kegiatan patroli malam hari rutin digelar personel jajarannya dalam menciptakan rasa aman di sekitar pemukiman masyarakat untuk menghindari aksi ilegal tanpa dokumen.

"Selain mencegah kegiatan ilegal, patroli malam di jalur tikus, diharapkan dapat menciptakan keamanan bagi masyarakat terhadap peredaran barang-barang ilegal atau pelintas batas ilegal,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Lettu Inf Rakhmat Adi Wibowo selaku Danki SSK I Satgas, menyerahkan barang bukti 96 botol miras merk Benson tersebut kepada Pihak Bea Cukai Nanga Badau yang diterima Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Duknis Nanga Badau, Sugeng Nur Ariyadi.

“Setiap ada penemuan barang ilegal pasti kita sampaikan kepada pihak Bea Cukai Nagan Badau untuk proses lebih lanjut,” urainya.

Sementara itu, Sugeng Nur Ariyadi Selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabean dan Cukai dan Dukungan Teknis Nanga Badau menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan apabila menemui miras ataupun barang ilegal lainnya.

“Dukungan dan peran serta masyarakat sangat kami butuhkan dalam memberantas peredaran barang ilegal ini,” katanya. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada Satgas Yonif 407 atas penemuan puluhan botol miras ini,” tutur Sugeng. 

Penyerahan puluhan botol minuman keras ini diikuti oleh Perwira Staf Satgas Yonif 407/PK,  Danki SSK 1 dan beberapa personel lainnya serta ICQS perbatasan Nanga Badau. (Dispenad)
Editor : Redaksi