Ticker

6/recent/ticker-posts

PUBLIKASI KINERJA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA.

KABARPOSNEWS.CO.ID, KAB. BOGOR - Berbagai kegiatan dalam rangka menjalankan tugas pokok fungsi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor telah dilaksanakan sepanjang Semester II (Dua), Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka mendukung pencapaian kinerja Panca Karsa lingkup Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), beberapa kegiatan secara ringkas dapat digambarkan sebagai berikut Selasa, (15/12/2020)

1. Kegiatan Simulasi Pilkades serentak 

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauhmana persiapan penyelenggaran Pilkades serentak pada masa pandemic Covid-19, dengan mempraktekan protokol kesehatan pada saat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi berbabagai permasalahan yang mungkin timbul dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).  

      2. Focus Group Discussion (FGD) Upaya peningkatan Status Desa Tertinggal  

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pemerintahan Desa sebagia upaya pemecahan permasalahan di 4 (empat) Desa tertinggal agar pada Tahun 2021 tidak ada lagi Desa yang masih dalam status Desa tertinggal, kegiatan ini dilaksanakan on the spot di Desa Buana jaya dan Desa Sukarasa Kecamatan Tanjungsari, Desa Cilaku Kecamatan Tenjo, dan Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga.  

      3. Pelatihan Satuan Tugas Covid-19 Bagi Ketua RT dan Ketua RW

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa sebagai upaya Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam memutus tali rantai penyebaran corona virus diseas19 (covid-19) yang tingkat penyebarannya sudah sampai ke berbagai pelosok termasuk ke wilayah perkampungan, perdesaan, dan perkotaan, yang membuat Pemerintah harus mengambil berbagai langkah dan upaya, salah satunya dengan melakukan pelatihan satuan tugas covid-19 yang diperuntukkan bagi Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) se Wilayah Kabupaten Bogor. 

       4. Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)

Kegiatan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Tingkat Kecamatan dan Tingkat Desa ini diselenggarakan oleh Bidang Pembangunan Ekonomi dan Pendapatan Desa sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan bagi Pengelola Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Tingkat Kecamatan dan Tingkat Desa, dalam membantu Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).  

 

       5. Sosialisasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD)

Kegiatan sosialisasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) ini diselenggarakan oleh Bidang Sarana Prasarana dan Kewilayahan membahas alur, tahapan, dan tatacara proses perjalanan dalam melakukan sebuah kerjasama yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dengan pihak yang akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Desa.


       6. Program Kegiatan SAMISADE.

Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan Program Satu Milyar Satu Desa (SAMI SADE). keberadaan Program SAMI SADE begitu penting untuk pembangunan infrastruktur desa. Membangun desa berarti membangun Kabupaten Bogor sesuai dengan Pancakarsa Bogor Membangun, yang pemanfaatan anggarannya akan diserahkan kepada desa dan disesuaikan dengan kebutuhan desa. Dana ini seluruhnya untuk kepentingan warga desa, dengan anggaransatu miliar rupiah tersebut maka produktifitas masyarakat desa meningkat sehingga aktifitas ekonomi warga bergeliat. Dengan membangun insfrastruktur di desa-desa, tentunya akan memudahkan akses menuju tempat pendidikan, wisata, pertanian, peternakan dan UMKM. Pada akhirnya, infrastruktur yang baik bisa meningkatkan mobilitas.

Editor : Redaksi

Sumber : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa