Ticker

6/recent/ticker-posts

85 Unit Rutilahu Kelurahan Tajur Terealisasi Dengan Baik


Bogor, kabarpos.news - Pemerintah membuat program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu/RTLH) untuk membantu masyarakat dalam mencapai standar hidup yang layak.Selasa,(23/02/21)

Sebanyak 85 unit rumah tidak layak huni Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor sudah terealisasi dengan baik.

Menurut Muslim Lurah Tajur,"pada tahun 2020, Kelurahan Tajur mendapat bantuan dana program RTLH dari tiga sumber, pertama dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor sebanyak 5 unit, kemudian dari pusat melalui BSBS  kementerian PUPR sebanyak 20 unit dan dari Gubernur Provinsi Jawa Barat sebanyak 60 init, secara global 85 unit rumah yang kita dapat.Alhamdulilah semua sudah terealisasi dengan baik", ungkap Lurah diruang kerjanya pada Jum'at (19/02).

Dijelaskannya, bahwa nilai bantuan dari ketiga sumber tersebut semuanya sama sebesar Rp.17.500.000.00, tapi bantuan dari pusat dan Gubernur yang diterima oleh warga itu berupa barang bangunan/material senilai 17.500.000.00 tersebut.

 Kalau pelaksanaan bantuan dari Gubernur melalui BKM Kelurahan, dari mulai mengajukan proposal hingga mengadakan barangnya.

Kemudian yang dari pusat melalui dinas permukiman pusat lalu dinas permukiman Kota Bogor, terangnya.

Dijelaskannya, untuk mendapatkan bantuan dana RTLH ini, warga harus melengkapi persyaratannya seperti, rumah tersebut harus milik sendiri dilengkapi dengan surat kepemilikan, tidak sengketa, bukan kontrakan, kemudian ada kemampuan warga untuk swadaya dan sebagainya, karena nilai 17.500.000.00 itu kecil untuk merenovasi rumah jadi harus ada swadaya dari masyarakat, karena bantuan ini sifatnya stimulan atau dorongan.

Sewaktu saya monitoring kewilayah, semua warga yang mendapatkan bantuan rutilahu mengucapkan terimakasih kepada pemerintah, setelah mendapatkan bantuan rutilahu, rumah mereka jadi rapi dimana sebelumnya warga tersebut tidur itu dapur dan ruang tamu bercampur jadi satu, kemudian yang tadinya bocor bila hujan sekarang sudah tidak lagi, dari segi kesehatan juga keamanan lebih baik dari pada sebelumnya dan yang tadinya rumah tidak layak huni menjadi layak huni, terangnya.

"Saya selaku lurah bersyukur serta berterimakasih kepada pemerintah, dengan adanya program pemerintah rutilahu ini tingkat kehidupan warga kami menjadi lebih baik", pungkasnya (Rossa).,
Editor : Redaksi