Ticker

6/recent/ticker-posts

BPNT Kemensos Di Desa Cimanggu 2 Tersalurkan Dengan Baik


Bogor, kabarpos.news - Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran mata rantai covid-19 yang sedang bergejolak disekitar kita agar tidak menyebar luas.

Diantaranya, memberikan bantuan baik tunai maupun non tunai kepada masyarakat yang terdampak agar daya beli serta kebutuhan pangan masyarakat dimasa pandemi dapat bertahan dan terpenuhi.

Senin 22/2, Pemerintah desa (Pemdes) Cimanggu 2, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kegiatan pembagian BPNT yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu dilaksanakan diaula kantor desa Cimanggu 2 tersebut  berjalan lancar dan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Dalam keterangan H.Senan selaku Kepala desa (Kades) Cimanggu 2,"jika kegiatan penyaluran BPNT dilakukakan dengan menerapkan  Prokes, bentuk dukungan kepada upaya pemerintah dalam memutus penyebaran mata rantai covid-19.Adapun BPNT ini kita bagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 337, bentuk bantuan yang diterima oleh KPM tersebut seperti, beras 2 karung seberat 20 Kg, telur, jeruk, tempe, tahu dan kacang hijo", ungkapnya kepada pewarta kabarpos.news disela-sela kegiatan.

Dia pun menjelaskan terkait Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) Cimanggu 2 diberikan kepada 177 KPM, yang lama kita ganti semua dengan yang baru biar ada semacam keadilan, karena masih banyak warga kami yang belum mendapat bantuan, dan agar tidak ada kecemburuan sosial karena hampir seluruh masyarakat itu terdampak dan Bantuan Sosial (Bansos) ini pun judulnya terdampak.

"Alhamdulilah, meski belum semua jumlah masyarakat kami yang tercover bantuan, minimal sebagian besar yang terdampak sudah mendapatkan haknya", jelasnya.

Kemudian pewarta media ini bertanya terkait apakah ada warganya yang terpapar covid-19, Senan berujar, ada beberapa orang warga kami yang terpapar covid-19, sekarang sedang dirawat dirumah sakit, dan ada pula yang diisolasi mandiri, untuk kebutuhan sehari-hari warga yang diisolasi mandiri itu, saya menggunakan uang pribadi dibantu dengan urunan dari warga, terang Kades.

Untuk diketahui bahwa kades Cimanggu 2 ini tidak hanya fokus dengan mengurus warganya yang terpapar covid-19 dan menyalurkan BPNT, juga sudah mengajukan kegiatan pembangunan infrastuktur jalan diprogram Bupati Bogor Hj.Ade Munawaroh Yasin Satu Miliar Satu Desa (SAMISADE).

Kami mendapat bantuan dana dari program samisade Bupati Bogor sebesar 500 juta untuk betonisasi jalan desa, ujarnya.

"Senan juga mengapresiasi program Bupati Bogor Samisade".

Dengan kondisi kita yang masa pandemi begini, adanya program samisade, pembangunan infrastuktur jadi hampir tercover semua, janji-janji kepala desa untuk membangun itu bisa terealisasi, karena seperti yang kita ketahui bersama anggaran Dana Desa difokuskan untuk penanganan covid-19 dan diberikan kepada masyarakat yang terdampak.

Ditambah lagi dengan diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, desa diharuskan untuk ada penanganan, terang kades.

"Saya berharap corona yang tidak berwujud ini secepatnya hilang, supaya ekonomi masyarakat pulih kembali, semoga  masyarakat yang terpapar covid-19 cepat sehat dan kedepan mudah-mudahan masyarakat yang terdampak tidak merepotkan kita lagi agar kita bisa fokus dipembinaan dan pemberdayaan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)", harap Senan.

Pantauan pewarta kabarpos.news kegiatan penyaluran yang dimulai dari pagi itu selain dengan menerapkan prokes, juga tersalurkan dengan baik.

Reporter :  Rossa
Editor      : Redaksi