Ticker

6/recent/ticker-posts

Lansia di Kota Bogor Bisa Vaksinasi Drive Thru, di Puskesmas atau Rumah Sakit


Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah menggencarkan vaksinasi guna memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Kali ini, giliran sasaran lanjut usia (lansia) di Kota Bogor yang bisa mudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis, yakni melalui sistem drive thru, di puskesmas atau di rumah sakit.

Untuk layanan vaksin Covid-19 secara drive thru, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Pemkot Bogor, Gojek dan Halodoc membuka layanan Drive Thru vaksinasi Covid-19 untuk lansia. 

Pelaksanaan vaksinasi drive thru ini dipusatkan di GOR Pajajaran, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, yang dimulai 17 Maret - 31 Juni 2021.

Para lansia bisa mendaftarkan diri dari sekarang. Caranya download dan buka aplikasi Halodoc atau klik di link berikut.

https://halodoc.page.link/RT5aXNmaYHxnzMow9

Kemudian, Klik banner Vaksinasi Covid-19 Lansia di menu utama. Selanjutnya, pilih lokasi vaksinasi GOR Pajajaran, Kota Bogor. Tahap berikutnya, unggah data pasien. Lalu, tunggu pemesanan terkonfirmasi di aplikasi Halodoc.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno menyatakan, program vaksinasi drive thru ini hanya diperuntukkan bagi lansia (berusia 60 tahun ke atas) yang memiliki KTP Kota Bogor dan hanya untuk pendaftaran melalui aplikasi Halodoc.

"Jam pelayanan vaksinasi mulai beroperasi pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB," katanya, Sabtu (13/3/2021).

Ada 4 meja yang harus dilewati saat vaksin lansia drive thru di GOR Pajajaran, yakni pos registrasi/validasi, cek kesehatan, vaksinasi, dan yang terakhir observasi.
Pihaknya juga menyiapkan, tim mini ICU dan ambulance emergency.

Setelah divaksin sasaran diminta menunggu selama 30 menit di area yang telah disediakan. 

"Jika selama waktu observasi tidak ada keluhan, maka mereka diizinkan pulang. 
Peserta akan mendapatkan kartu vaksinasi secara digital di aplikasi Halodoc yang dimiliki oleh peserta setelah melakukan penyuntikan," kata Kadinkes.

Selain vaksinasi lansia melalui drive thru kata Retno, Pemkot Bogor juga akan melakukan vaksinasi di 25 puskesmas dan 14 rumah sakit di Kota Bogor.

Caranya, para lansia bisa mendaftarkan diri di posyandu lansia/posbindu/RW Siaga Covid-19. Kemudian, undangan vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit akan disebar melalui RW Siaga Covid-19.

Ia menyebutkan, sasaran target vaksin untuk lansia sebanyak 61.198 orang. 

“Ini kami dapat dari RW Siaga, kader Posbindu lansia dan puskesmas di wilayah. Sejauh ini yang sudah masuk 61.000-an tadi,” ujarnya.

Kadinkes menuturkan, pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dilakukan menggunakan sistem drive thru di GOR Pajajaran, 25 puskesmas dan 14 rumah sakit agar target sasaran cepat tercapai.

“Jadi kita sudah buat alurnya," katanya.
Editor : Redaksi

Dilihat