Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMBANGUNAN KERETA API BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT MENCAPAI 83,6 PERSEN


Kabarposnews.co.id.Pembangunan jalur kereta api (KA) bandara sepanjang 5,3 km dari Stasiun Kedundang ke Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang dibangun secara elevated (layang) per Maret 2021 telah mencapai progres 83,6 persen.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta untuk meninjau progres pembangunan KA Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport), pada Jumat (12/3/2021).

Pembangunan jalur kereta dengan nilai investasi sebesar Rp1,1 Triliun ini dibangun oleh Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perkeretaapian secara tahun jamak (multiyears). Pembangunan dimulai sejak Desember 2019 dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun atau sekitar Juli 2021. Kemudian pada Juli akan dilakukan serangkaian uji coba dan ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada Agustus 2021.

Direncanakan, jumlah perjalanan kereta bandara dari Stasiun Tugu Yogyakarta - YIA sepanjang 40,23 km ini adalah sebanyak 24 trip/hari dengan menggunakan 4 train set kereta rel diesel listrik (KRDE) dan berkapasitas angkut mencapai 4.800 penumpang/hari.

Sementara, waktu tunggu antar kedatangan kereta (headway) yaitu sekitar 30 menit. Dari Stasiun Tugu Yogyakarta, perjalanan kereta bandara ini akan berhenti di dua stasiun yaitu Stasiun Wates dan Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta.

Kecepatan kereta maksimal dapat mencapai 80 km/jam dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit atau lebih cepat dibandingkan melewati jalan raya yang bisa memakan waktu 1-2 jam. Kemudian tarif yang berlaku diperkirakan sebesar Rp25.000.

© Indonesia 2045
Sumber : BKIP KEMENHUB
Reporter : Suhanta irwanta
Editor : Redaksi

Dilihat