Ticker

6/recent/ticker-posts

RI LUNCURKAN KAPAL SELAM BUATAN DALAM NEGERI KRI ALUGORO-405, PRABOWO: "KITA TIDAK INGIN MENGANCAM SIAPAPUN"


Kabarposnews.Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah merampungkan pembangunan kapal selam pertama buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia bekerjasama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.
KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama karya anak bangsa yang dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia di Surabaya dengan lingkup pekerjaan Joint Section, test and trials (Setting to Work, Hydro Test, Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test including Pre-SAT sampai dengan penyusunan working standard oleh PT PAL Indonesia.
Kapal selam jenis Diesel Electric Submarine U209 (Nagapasa Class) ini memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada dibawah air, mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan di desain dengan life time mencapai 30 tahun.

Modernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI adalah dalam rangka penguatan pertahanan nasional ditengah kondisi geopolitik saat ini yang tidak pasti. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih mencintai kemerdekaan. Kementerian Pertahanan akan berupaya memenuhi kebutuhan alutsista TNI melalui kerjasama industri dalam negeri nasional.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak," kata Prabowo, Rabu (17/3/2021).

Peluncuran KRI Alugoro-405 menjadi capaian membanggakan sekaligus meningkatkan deterrent effect bagi pertahanan negara Indonesia yang menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.

Sumber: Kemhan RI, PT PAL Indonesia
Credit pemilik gambar

© Indonesia 2045
Reporter : Suhanta
Editor : Redaksi

Dilihat