Ticker

6/recent/ticker-posts

Bima Arya Ajak DKM Waspadai Lonjakan Covid-19 Pada Ramadhan hingga Lebaran


Kabarpos.Usai menyerahkan bantuan bagi 58 masjid se-Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak seluruh stakeholder, khususnya para DKM masjid untuk bersama-sama tetap waspada terhadap Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan pada momen Ramadhan hingga Idul Fitri nanti.

“Data menunjukan bahwa kita masih harus waspada. Memang satu bulan terakhir ini menurun angkanya, rumah sakit yang tadinya penuh sekarang sudah mulai menurun yang dirawatnya. Tadinya Februari lalu ada 187 kasus per hari, terus turun dibawah 100, bahkan sempat dibawah 50,” ungkap Bima di Masjid Al-Qomar, Jalan Veteran RT 03 / RW 02, Kelurahan Kebon Kelapa, Bogor Tengah, Selasa (27/4/2021).

“Tetapi, ada tren sedikit naik belakangan ini. Kita masih harus waspada. Jangan sampai seperti India. Mungkin pernah membaca berita juga yang menggambarkan kondisi di India. Itu terjadi karena tidak waspada, karena euforia. India itu berhasil menurunkan angka covid, kemudian warganya cuek, mengadakan kegiatan tanpa protokol kesehatan, sehingga sekarang yang terjadi adalah fasilitas kesehatan di India tidak bisa lagi menampung karena penuh,” tambahnya.

Bima Arya tidak ingin itu terjadi di Kota Bogor. Untuk itu Pemkot Bogor bersama Forkopimda akan mengawasi secara ketat aktivitas-aktivitas yang berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19. 

“Nanti dibantu oleh DKM sosialisasi agar diinformasikan apabila ada warga yang keluar atau masuk ke sini, harus didata. Untuk ibadah masih dibolehkan, tarawih bahkan sholat Ied Insya Allah dipersilahkan tetapi dengan catatan, dibatasi kapasitasnya, maksimal 50 persen. Di tingkat kota (tarawih) ditiadakan, karena kalau diadakan nanti akan tumpah ruah, kerumunannya sulit dikendalikan. Di wilayah silahkan, di masjid-masjid silahkan, tapi mohon diperhatikan betul protokol kesehatannya,” tandasnya.

“Insya Allah kalau selama Ramadhan diawasi, tidak terlalu euforia, tarawihnya juga dijaga, arus mudik juga diawasi ketat, maka Covid Insya Allah bisa kita kendalikan. Ini titik kritisnya di Ramadhan sampai Lebaran nanti. Tapi sebaliknya, kalau kita kendor, nanti PR setelah Lebaran bisa ada lonjakan, itu berat. Mudah-mudahan itu tidak terjadi,” pungkas Bima.

Editor : Redaksi

Dilihat