Ticker

6/recent/ticker-posts

Pangdam I/BB Vidcon Dengan Satuan Jajaran Guna Menciptakan Situasi Aman dan Kondusif Menghadapi Libur Idul Fitri 1442 H

Kabarpos.Medan - Pangdam I/BB melaksanakan Vidcon kepada seluruh Dansat dan Kabalakdam I/BB tentang Rakor kesiapan Libur Idul Fitri 1442 H di ruang Vidcon Lt IV Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Medan pada Rabu, (28/4/2021)

Pelaksanaan Vidcon tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Koordinasi Lintas Sektoral untuk persiapan pengamanan dalam menyambut kegiatan  Idul Fitri yang dilaksanakan di Aula Catur Prasetya Mapolda Sumut pada Selasa kemaren.

Kegiatan diawali dengan paparan para Dansat Jajaran tentang hal menonjol, kondisi dan situasi satuan, secara umum para dansat memaparkan tentang penanganan Covid-19, pendirian Posko PPKM skala Mikro serta kesiapan kegiatan penyekatan arus mudik masyarakat dalam rangka hari raya idul fitri 1442 H. 

Mayjen Hassanudin mengatakan bahwa pelaksanaan penyekatan akan dimulai tanggal 22 April - 5 Mei 2021, begitu juga larangan mudik mulai tanggal 6 s.d 17 Mei 2021,  untuk itu kepada para Dansat jajaran mari kita laksanakan apa yang sudah instruksi dari Pemerintah, katanya 

Lanjutnya, mari kita bersinergi mendukung pelaksanaan pengamanan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusif, aman dan nyaman dalam menyambut Idul Fitri 1442 H di Sumut," terang Pangdam.
Sebelum mengakhiri Vidcon tersebut Pangdam I/BB memberikan beberapa penekanan yaitu 
*Pertama*, Prajurit TNI dan PNS dilarang bepergian ke luar daerah dan mudik pada 6 s.d 17 Mei 2021.
*Kedua*, Prajurit TNI dan PNS dilarang mengajukan cuti selama tanggal 6 s.d 17 Mei 2021 kecuali cuti melahirkan, cuti sakit atau cuti karena alasan penting seperti orang tua/suami/istri/anak sakit keras.
*Ketiga*, Para Dansat agar menyiapkan personel Standby kekuatan 1 pleton dan Alat dan perlengkapan selama pelakasanaan libur Idul Fitri 1442 H pelaksanaan Dinas dalam/Piket, Diskam/Jaga Satri setiap satuan tetap dilaksanakan sesuai Protap dan aturan yang berlaku.
*Keempat*, Satuan Sigap Covid yang ada disatuan agar aktif laksanakan tugasnya untuk mencegah perkembangan Virus Covid-19 di Ksatriaan.
*Kelima*, Setiap pengerahan kekuatan personel jajaran Kodam I/BB harus ada permintaan dari Pemda setempat dan dilaporkan kepada Pangdam I/BB pada kesempatan pertama.
*Keenam*, Para Dansatkowil agar merencanakan dan koordinasi pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1442 H dan penyekatan dalam rangka mencegah adanya mudik lebaran di wilayahnya masing-masing dengan pihak kepolisian dan instansi terkait.
*Ketujuh*, Korem 031/WB, 032/WBR, 023/KS dan Kodim 0201/BS laksanakan operasi penanganan Covid-19 dan PPKM Mikro secara aktif , efektif dan efesien guna menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.
*Kedelapan*, Danrem 033/WP dan 022/PT agar laksanakan penanganan kepulangan WNI dari LN dan WNA yang masuk wilayah Sumut dan Kepri sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.
*Kesembilan*, Para Dansatkowil agar segera rencanakan pelaksanaan Vaksinasi bagi  Purnawirawan dan Warakawuri yang berada di wilayah masing-masing serta berkoordinasi dengan Sopsdam , Sterdam dan Kesdam I/BB.
*Kesepuluh*, Para Danrem dan Dandim 0201/BS agar rencanakan    tentang kegiatan Vaksinasi terhadap para pelaku wisata di wilayah masing-masing serta koordinasi dengan Sopsdam , Sterdam dan Kesdam I/BB dan instansi terkait lainnya.
*Kesebelas*, Para Dansat agar senantiasa memonitor bangsit diwilayah masing-masing dan laporkan hal menonjol pada kesempatan pertama ke Komando Atas.
*Keduabelas*, Senantiasa tekankan protokol kesehatan ke seluruh prajurit, PNS , KBT  dan masyarakat   sekitar masing-masing .

Pelaksanaan Vidcon tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Tampak hadir dalam kegiatan Vidcon, Kasdam I/BB, Irdam I/BB, Kapoksahli Pangdam I/BB, Para PJU Kodam I/BB dan Para Kabalakdam I/BB serta Dandenmadam I/BB.

Sumber : Pendam I/BB
Editor : Redaksi

Dilihat