Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkot Segera Aktivasi Pasar Modern BCP di Cilendek Timur

Kabarpos.Bogor - Dari 16 kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Barat, hanya ada satu pasar yang sampai saat ini masih beraktivitas. Yakni Pasar Gunung Batu. Sehingga, Pemerintah Kota (Pemkot) berencana akan mengaktivasi pasar lainnya.

Salah satunya adalah pasar modern Bogor Center Point (BCP) yang ada di Kelurahan Cilendek Timur. Sehingga, saat BCP sudah diaktivasi nanti, masyarakat yang tinggal di beberapa wilayah bisa terlayani dengan adanya pasar baru tersebut.

"Kita harapkan masyarakat yang ada di lingkungan wilayah Yasmin, Semplak, Semeru, Bubulak, atau Sindangbarang bisa memanfaatkan atau berbelanja di pasar BCP ini," kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat meninjau pasar modern BCP, Senin (26/4/2021).

Menurut Dedie, selama ini banyak masyarakat karena tidak adanya pasar lain, akhirnya berbelanja di wilayah lain. Dari 16 kelurahan, banyak masyarakat yang berbelanja ke Pasar Kebon Kembang atau Pasar Bogor.

Dedie berharap, pasar modern BCP bisa diaktivasi tahun ini. Dengan kerja sama pula antar pengelola BCP dan Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ), ada sekitar 300 hingga 400 pedagang yang bisa ditampung.

"Terutama pedagang sayur mayur, kemudian daging, daging olahan dan lain sebagainya. Nah yang sedang kita persiapkan sekarang adalah apa saja fasilitas - fasilitas penunjang seperti parkiran, pengelolaan sampahnya, termasuk juga tadi saluran pembuangan air. Penyediaan untuk air bersih, untuk cuci dan lain sebagainya sudah kita persiapkan," urainya.

Pedagang yang nanti akan mengisi kios juga diprioritaskan dari UMKM Kota Bogor. Mereka yang semua akan ditampung dan diakomodir di pasar BCP, adalah mereka yang belum mendapatkan atau mempunyai kios di pasar lainnya.

Kemudian, masih kata Dedie, apabila BCP bisa diaktivasi maka Kecamatan Bogor Barat dengan 16 kelurahan adalah pasar kedua yang dimiliki Kota Bogor. 

"Kerjasamanya nanti akan diatur lagi seperti apa, bagaimana nanti yang paling idealnya," sahutnya.

Ditempat yang sama, Direktur Operasional (Dirops) Perumda PPJ Kota Bogor, Deni Ari Wibowo mengaku memang saat ini pola kerjasamanya belum dirancang seperti apa. Namun yang pasti, pihaknya terus mendukung terwujudnya aktivasi pasar BCP ini.

"Seperti apa nanti akan dibahas lebih lanjut. Tapi kami mendorong agar terealisasi, untuk menambah pasar wilayah Bogor Barat. Berapa-berapanya juga bagi hasil belum dibicarakan. Karena ada beberapa fasilitas yang belum dilihat masih dalam pemetaan," katanya.

Editor : Redaksi

Dilihat