Ticker

6/recent/ticker-posts

Dedie Dampingi Komisi V DPR-RI Kunker ke Kantor Klimatologi Bogor

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mendampingi rombongan kunjungan kerja (kunker) Komisi V DPR - RI ke kantor Stasiun Klimatologi Kelas I di Kecamatan Bogor Barat, Rabu (16/6/2021). 

Dedie mengatakan, jika informasi yang ditampilkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun klimatologi di Kota Bogor sudah cukup baik. Baik tentang kondisi alat, prakiraan cuaca, dan lain sebagainya. 

"Kami merasa terbantu, bermanfaat. Karena Bogor ini selalu dibicarakan sumber bencana banjir. Sehingga dengan informasi itu, para OPD sangat konsen untuk waspada dan bisa antisipasi dengan adanya informasi oleh BMKG," kata Dedie. 

Hanya saja Dedie berharap, permasalahan penyajian informasi yang disampaikan oleh BMKG agar lebih menarik. Pada periode tertentu, ada semacam sosialisasi kepada warga tentang peran dan fungsi BMKG. 

Di luar itu, Dedie sekaligus menyampaikan kepada rombongan Komisi V DPR-RI tentang aset di sekitaran kantor klimatologi, Situ Gede, dan Cifor. Pasalnya, ada rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai kebun raya kedua.

"Akses jalan menuju lokasi kantor BMKG disini itu jalannya masih milik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kami mohon bisa dikontrol dan kemudian juga aksesnya bisa kita tata ulang. Mohon bantuan untuk menberikan rekomendasi ke KLHK untuk menyerahkan asetnya kepada Kota Bogor," urai Dedie. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Muhamad Arwani Thomafi menjelaskan, kedatangan rombongan dari Senayan ini untuk melihat secara langsung fasilitas sarana dan prasarana kantor Klimatologi kelas 1 di Kota Bogor. 

Selain itu, para anggota legislatif itu ingin mendengar secara langsung tugas, fungsi dan masukan disana. 

"Kunjungan kerja ini juga dalam rangka melaksanakan sebagian fungsi dan tugas dewan, khususnya yang berkaitan dengan  fungsi pengawasan. Khususnya mendukung program dan kegiatan kantor-kantor BMKG yang ada di beberapa daerah, yang kali ini melihat secara langsung fasilitas kantor Klimatologi kelas 1 di kota Bogor," urai Arwani. 

Dengan kunjungan tersebut, sambung Arwani, diharapkan agar fasilitas sarana dan prasarana di kantor-kantor BMKG di seluruh Indonesia dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu kemudian, BMKG dapat memberikan informasi terkini dan terbaik bagi stakeholder dan masyarakat Indonesia. 

"Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dalam Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Kota Bogor. Selain ke Kota Bogor, Komisi V DPR RI melakukan juga Kunjungan Kerja Spesifik ke kantor BMKG, yaitu di Kota Tangerang dan Kota Serang," ujarnya.
Editor : Redaksi

Dilihat