Ticker

6/recent/ticker-posts

TMMD KE-111 TA. 2021 Wilayah Kodim 1620/Loteng Resmi Ditutup



Lombok Tengah | Kabarposnesw.co.id – Kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111, Tahun Anggaran 2021 Wilayah Kodim 1620/Loteng yang dilaksanakan di Lima desa yang ada di Empat kecamatan yang terdapat di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi  NTB, pada hari ini, Rabo (14/07/2021), resmi ditutup.

Di pimpin Kasrem 162/WB, Kolonel Arm. I Made Karyawan, Upacara Penutupan TMMD Ke-111 di Wilayah Jajaran Kodam IX/Udayana tersebut, digelar di Ball Room Lantai 5 Kantor Bupati Lombok Tengah.

Pelaksanaan Upacara dihadiri oleh Dandim 1620/Loteng dan jajaran, Danrem 162/WB yang diwakili Kasrem  dan jajaran, Bupati Lombok Tengah dan jajaran, Camat dan Kepala Desa yang wilayahnya menjadi sasaran TMMD, serta Toga, Tomas, dan Todat, bersama para hadirin tamu undangan. 

Upacara Penutupan dan penyerahan hasil yang sekaligus sebagai ceremonial penutupan TMMD dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” tersebut, berlangsung dengan penuh khidmad.
Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., selaku Dansatgas TMMD melaporkan, Program TMMD Ke-111 TA. 2021 yang dimulai pada 15 Juni hingga 14 Juli 2021 ini, telah menyelesaikan berbagai sasaran, baik fisik dan non fisik, maupun sasaran tambahan.

"Untuk sasaran fisik, yaitu berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang berada di Desa Aikbukaq Kecamatan Batukliang, Desa Sintung dan Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata, Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat, dan Desa Kawo Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB," katanya.

"Kegiatan tersebut, berupa pembangunan sarana transportasi yakni pembukaan jalan baru, pembuatan jembatan, pemasangan Gorong-gorong dan pembuatan talud panjang," lanjut Dandim selaku Dansatgas saat melaporkan hasil kegiatan TMMD.

"Sedangkan non fisik yang dilakukan yaitu berbagai macam kegiatan penyuluhan, seperti penyuluhan  Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Narkoba, Covid-19, Ketahanan Pangan, Bencana Alam, Pertanian dan Peternakan, Penyuluhan Kesehatan dan Stunting, Penyuluhan KB Kesehatan, sosialisasi Pompa Hidram dan kesadaran Bela Negara," paparnya.

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan TMMD tahun ini juga melakukan kegiatan tambahan seperti rehab tembok musalla Desa Kawo dan Desa Bonjeruk, pembibitan Pohon Mangrove serta membuka lahan pertanian seluas 11,6 Hektare di Desa Selongblanak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah.

Sebagaimana dijelaskannya kegiatan TMMD ini merupakan salah satu bagian dari tugas pokok TNI-AD dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya, membantu tugas pemerintahan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, layaknya di Kabupaten Lombok Tengah saat ini.

Disisi lain, Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, S.IP., pada kesempatan yang sama mengimbau, dalam situasi tanggap darurat bencana Covid-19 yang sampai sekarang belum kunjung reda, masyarakat diharapkan terus disiplin Prokes, serta dapat mentaati aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

"Terimakasih kepada Satgas TMMD maupun pihak Pemerintah Daerah,  dan masyarakat yang telah bekerja dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam beraktifitas. Hal itu untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19, namun tidak mengurangi makna Sinergitas TNI-Rakyat,” ujarnya.

Sampai pada penghujung acara, Bupati menyampaikan rasa puas dan bangga, serta syukur dan terimakasih atas terlaksananya kegiatan TMMD sesuai harapan masyarakat maupun pihak pemerintah. Selanjutnya acara tersebut di tandai dengan penandatanganan Naskah Kegiatan TMMD Ke-111 yang dilanjutkan dengan penyerahan Hasil TMMD oleh Dandim kepada Bupati.

Kegiatan penutupan TMMD ke-111 tersebut, secara resmi di tutup, hal itu di tandai dengan kehadiran Kasrem 162/WB, Kolonel Arm, I Made Karyawan yang mewakili Danrem 162/WB, Brigjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han.,  membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI. Maruli Simanjuntak, M. Sc., selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD, menutup kegiatan itu.

Mengawali sambutannya, Kasrem pada kesempatan itu menyampaikan rasa prihatin Pangdam IX/Udayana terhadap pandemi Covid-19 yang masih melanda di seluruh dunia termasuk semua wilayah Indonesia. 

"Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga kesehatan pribadi dan keluarga agar terhindar dari pandemi dengan selalu mempedomani prokes.
Kita bersama-sama berdoa, semoga semua bencana yang melanda wilayah kita cepat berakhir sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti sedia kala,"  kata Kasrem saat menyampaikan amanat Pangdam.

"Dengan berakhirnya TMMD ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Pihak-pihak terkait atas dukungan dan partisipasinya yang telah mensukseskan kegiatan TMMD Ke-111, terlebih kepada masyarakat yang telah bersinergi dengan baik dalam program TMMD," ujarnya.

"Mudah-mudahan apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah," kata Dia.

Lanjut amanatnya, Ia pun berharap masyarakat untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD kali ini.

"Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama," harapnya.

"Dengan mengambil Tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, saya mengajak untuk pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat, kita tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI," ucapnya.

"Kepada Dansatgas TMMD            Ke-111, lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Kemudian, kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan, perhatikan faktor keamanan selama di jalan dan tetap jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat," tutupnya.

Adapun secara keseluruhan rangkaian kegiatan penutupan TMMD Benar-benar disusun secara matang dan terarah oleh panitia penyelenggara, dalam hal ini Kodim 1620/Loteng, 

dengan berahirnya kegiatan Upacara Penutupan, selanjutnya di isi dengan kegiatan tambahan yaitu Peninjauan hasil kegiatan TMMD dan peresmian jalan untuk di serahkan langsung kepada masyarakat yang dilakukan di lokasi TMMD Desa Aikbukak.

Reporter : Anang
Editor : Redaksi

Dilihat