Ticker

6/recent/ticker-posts

Babinsa Galakan Budidaya Terong Ungu program Desa Kertaraharja


Praya | Kabarposnesw.co.id - Untuk menunjang ekonomi rakyat/warga masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 sekarang ini, Babinsa Koramil 09/Pringgarata, Kodim 1620/Loteng, Sertu Abdullah., mendampingi petani sayur di Dusun Gunung Agung Desa Pringgarata Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, melakukan budidaya tanaman sayur jenis terong ungu, dalam rangka  Program Desa Kertaraharja, Minggu 29 Agustus 2021.

Program tersebut merupakan binaan Koramil 09/Pringgarata yang di kerjakan di lahan Demonstrasi Plot (Demplot) Kodim 1620/Loteng, untuk memenuhi kebutuhan akan bahan pangan sayuran bagi semua kalangan masyarakat, khususnya ditengah terjadinya Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, baik di daerah pedesaan maupun di perkotaan. 

Dengan membudidayakan sayuran,
tentu masyarakat bisa terbantu oleh hasilnya. Selain itu bisa juga dikonsumsi secara pribadi, dan pengerjaannyapun dapat mengurangi interaksi langsung dengan orang lain, resiko terpapar covid-19 juga
menjadi lebih sedikit, karena aktivitas saat bertani lebih sering berjemur terkena sinar matahari.

Demikian itu dikatakan Babinsa Sertu Abdullah, di sela-sela kegiatan pendampingannya. Tidak hanya sampai disitu, Ia menjelaskan perekonomian warga binaan juga harus tetap bergerak, meski di tengah pandemi saat ini. Maka dari itu pengabdiannya sebagai Bintara Pembina Desa bertujuan untuk mendorong semangat masyarakat, agar sadar serta bisa menyesuaikan keadaan ekonomi dengan cara bercocok tanaman. 

"Pengabdian kepada masyarakat merupaka tugas dan tanggung jawab sebagai TNI untuk membantu warga sebisa mungkin dengan melakukan beberapa aktivitas yang bersifat positif tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun," kata Sertu Abdullah.

Sementara Komandan Koramil 1620-09/Pringgarata, Kapten Inf. Syaiful., saat di temui di ruang kerjanya menambahkan, dalam konteks kemanunggalan TNI-Rakyat, khususnya di tengah terjadinya Pandemi Covid-19, kali ini pengabdian kepada masyarakat juga dituangkan Koramil 1620-09/Pringgarata dalam bentuk pembinaan dan pendampingan kepada para petani sayuran Desa Pringgarata Kecamatan Pringgarata.

"Pembinaan dan pendampingan Budidaya tanaman sayuran ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan bagi para petani sayur sehingga kebutuhan sayuran tercukupi tanpa perlu membeli, adapun kegiatan pendampingan ini dilakukan Babinsa untuk mendukung kemandirian pangan keluarga bagi warga desa binaan," ujar Kapten Syqaiful.

"Mengingat Pandemi Covid -19 yang masih belum berahir, Babinsa Koramil 1620-09/Pringgarata mendampingi warga masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah," pungkasnya.(*)

Editor : Redaksi