Ticker

6/recent/ticker-posts

Danramil 1802-07/Aimas : Tanah Sebagai Media Tumbuh Tanaman

KABARPOSNEWS.CO.ID.Sorong Papua Barat – Komandan Ramil 1802-07/Aimas Kapten Inf Harpin bersama Mahasiswa UKIP Dan Mahasiswa Unimuda Fakultas Pertanian Prodi Agri Bisnis melaksanakan kegiatan Pertanian, Praktek lapangan  pengukuran PH Dan Unsur hara Tanah, bertempat di lahan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Koramil 1802-07/Aimas Kabupaten Sorong.

Dalam kesempatan Danramil 1802-07/Aimas Kapten Inf Harpin mengatakan “kegiatan praktek lapangan dari mahasiswa untuk mengecek tanah. Bahwa tanah merupakan media bagi tumbuh kembang tanaman.  Setiap tanah memiliki karakteristiknya masing-masing tergantung pada kandungan unsur hara dan tingkat kesuburan tanah.  Hal ini mempengaruhi proses tumbuh kembang tanaman, hingga berdampak pada produksi tanaman itu sendiri.” Katanya.

Bapak Stevanus dari Mahasiswa UKIP menambahkan “dengan cara mengecek ini kita dapat menilai tingkat kesuburan tanah tersebut. “Tingkat Kesuburan tanaman dipengaruhi oleh kemampuan tanaman menyerap unsur hara yang tersedia dalam tanah, dan faktor penting yang mempengaruhi proses penyerapan unsur hara oleh akar tanaman adalah derajat keasaman tanah (pH Tanah).”

Di akhir kegiatan, kami dari mahasiswa berterimakasih atas kerja sama dalam praktek. Bapak TNI ( Koramil 1802-07/Aimas) yang sudah meluangkan waktunya untuk kami. Begitu juga kata Danramil bahwa ini sangatlah bermanfaat bagi kami dan mahasiswa. Sehingga Babinsa dan masyarakat sekitar dapat memilih tanaman yang cocok untuk ditanam dan memberikan sosialisasi kepada warga binaannya," Tutup Danramil.

(Timo/leo)
REDAKSI