Ticker

6/recent/ticker-posts

Edi Darmawansyah : " Berikan Ruang Untuk PKL Bisa Bertahan Hidup dimasa Pandemi"

Kota Bogor, Kabarposnews.co.id -
Ketua DPC PBB Kota Bogor sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Edi Darmawansyah memberikan komentarnya atas aksi demo Pedagang Kaki Lima (PKL), dihalaman Plaza Balaikota Bogor, Senin (23/8).

Ketika ditemui dikediamannya, Edi mengatakan bahwa beliau merasa prihatin dan miris melihat PKL Blok B2 yang sudah dua bulan tidak bisa berjualan, padahal kebutuhan sehari hari mereka harus dipenuhi, terlebih untuk biaya sekolah. 

Edi pun menilai demo damai tersebut merupakan hal yang positif dan sah sah saja menurut hukum dan undang undang yang berlaku di Indonesia, karena mereka mempunyai hak untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada Kepala Daerah, dalam hal ini adalah Walikota Bogor. 

"Dimasa pandemi yang berdampak pada perekonomian ini, saya menghargai aksi damai yang mereka lakukan, mengingat kebutuhan hidup terus berjalan, tidak menutup kemungkinan jika modal untuk PKL berjualan itu hasil pinjaman, yang harus mereka kembalikan, sudah bisa dibayangkan jika mereka tidak bisa berjualan maka dari mana akan bisa tebayarkan hutang atas pinjaman untuk modal tersebut, sedangkan disisi lain mereka juga harus memikirkan kebutuhan hidup sehari hari diantaranya biaya sekolah anaknya, biaya kontrakan rumah yang sudah tidak terbayar, diharapkan Pemerintah Daerah bisa memikirkan hidup PKL sejauh itu",  terang Edi. 

"Meski bagaimanapun PKL tidak bisa dirubah menjadi pedagang Kios, ranahnya mereka adalah PKL ya tentunya di Kaki lima bukan di dalam kios, kemudian untuk PKL berjualan di Blok F bukanlah solusi malah akan membuat mereka terpuruk karena tidak bisa membayar kios saat pasar sepi pengunjung.Saya kira relokasi ke Blok F bukan jalan yang tepat, karena selain sepi disana juga mereka akan keberatan dengan harus membayar kios yang dirasa cukup berat bagi PKL Blok B2", kata Edi. 

"Saya rasa Pemerintah Daerah melalui Perumda PPJ Kota Bogor, dimasa Pandemi seperti sekarang ini, seharusnya memberikan ruang usaha bagi PKL agar mereka bisa bertahan hidup. Seharusnya PKL itu bisa menjadi mitra serta aset bagi Perumda PPJ Kota Bogor. Terang Edi

Edi pun berharap kepada Pemerintah Daerah melalui Perumda PPJ Kota Bogor, agar bisa mengedepankan azas kemanusiaan diatas Kebijakan terhadap PKL Blok B2 Pasar Kebon Kembang, karena mereka harus bisa bertahan hidup ditengah pandemi ini. 

Wan
Editor Redaksi