Ticker

6/recent/ticker-posts

Launching Samisade Desa Kemang


Bogor, kabarpos.news-Pemerintah Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, menggelar  launching Satu Milliar Satu Desa (Samisade) dana bantuan yang dikucurkan oleh Bupati Bogor.

Dalam kegiatan launching Samisade yang berlangsung di Kp.Kemang Pos Tunggal Rt.004/008 itu dihadiri langsung oleh Kepala Desa Kemang beserta staff, Camat Kemang yang diwakilkan oleh Kasie Ekbang, perwakilan dari Kepala UPT jembatan dan jalan, Babinsa, Babinkantibmas, Ketua BPD, Ketua LPM, Kadus, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Ketua Rt, Rw, dan sejumlah masyarakat setempat.

Dalam kata sambutan Hj.Titin Kasie Ekbang sebagai perwakilan dari Camat menyampaikan,"40% dana bantuan Samisade tahap pertama Desa Kemang ini, kita fokuskan untuk dua titik pembangunan, tadinya mau untuk tiga titik, karena kalau untuk dua titik itu rada gedelah sedikit.Kenapa jalan ini yang kita bangun?, karena menurut Bapak Kepala Desa bahwa jalan ini kata beliau agak terisolir karena mobil tidak bisa masuk.

Alhamdulilah dengan Samisade tahap kesatu ini, akan diperlebar dan saya mohon dengan masyarakat tentunya, jika ada tanahnya yang terbawa ini tidak ada untuk ganti rugi, jadi mohon untuk kerelaannya masyarakat semua, karena kalau dilihat betonisasi yang ada ini tidak ada mencapai dua meter setengah.

Nah untuk itu, pasti ada tanah warga yang terbawa.Saya mohon kepada Bapak Kepala Desa maupun kepada Sekretaris Desa juga, nanti kalau ada tanah masyarakat yang terbawa saya minta surat hibah dari masyarakat untuk disampaikan atau dihibahkan ke Desa, jadi tanah Desa istilahnya, supaya nanti pada akhirnya tidak ada gugatan atau sebagainya, nanti diajukan kekecamatan sebelum pengajuan tahap kedua".

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan kepada masyarakat yang hadir, karena memang Samisade ini digunakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, katanya.

Sementara H.Entang Suana.SE, Kepala Desa Kemang mengatakan, "Kemarin, sebelum acara launching ini digelar, kita sudah mengadakan pertemuan di Desa Kemang, dihadiri para Rt, Rw sekecamatan Kemang, Kadus, LPM beserta jajaran dan lainya sebagai sosialisasi untuk disampaikan kepada masyarakat atas program Samisade di Desa Kemang, supaya tidak ada miskomunikasi, karena yang saya katakan Samisade ini, Satu Milliar Satu Desa, kalau tidak disampaikan atau kurangnya penjelasan akan jadi Samilier Sadesa dan akan menjadi fitnah.

Dana Desa sudah tidak bisa dipakai untuk pembangunan infrastuktur, namun dalam hal ini.Alhamdulilah ada trobosan dari Bupati (Hj.Ade Munawaroh Yasin) dengan program Samisade, mudah-mudahan apa yang kita kerjakan pagi ini mendapat rido dari Allah SWT.

Berdasarkan barusan penyampaian dari ibu Kasie Ekbang dana bantuan Samisade Desa Kemang 40% ini digunakan untuk dua titik di Rw.07 dan Rw.08, yang di Rw.01 nanti tahap kedua yang 60%, jadi bukan berarti yang di Rw.01 tidak dilaksanakan, kalau yang 40% ini dibagi dua supaya lebih maksimal.

Bagi kita yang hadir pada hari ini, menyaksikan perletakan batu pertama pembangunan, ini mencatat sebagai sejarah yang bisa diceritakan kepada anak cucu kita, bahwa pada tanggal 12 Agustus 2021 dilakukan perletakan batu pertama pembangunan jembatan yang nantinya akan bisa masuk mobil.Dan berapa tahun kemudian jalan ini yang tadinya terisolir, benar-benar dibutuhkan oleh warga.Saya sengaja melakukan pembangunan disini, karena saya melihat nilai gotongroyongnya sudah mulain menurun, kalau dulu ada warga yang membangun kita sama-sama bergotong royong membantu mengangkat bambu, kalau sekarang sudah tidak bahkan ada juga bikin rumah diborongkan segala macam salah satunya ini merupakan juga agar pembangunan merata di Desa Kemang, sehingga hal-hal kaitan kegiatan peningkatan ekonomi bisa terbantu oleh dengan infrastuktur.

Kami akan fokuskan membangun didekat setu, tentunya kalau setu itu peningkatan wisata yang akan otomatis meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bagi warga yang tanahnya terbawa mohon direlakan atau ridokan, karena kalau jalan bisa masuk mobil nilai jual tanah itu lebih besar yang tadinya 500 ribu semeter, bisa dua kalipat dari itu.

"Kami pemerintah Desa Kemang sangat berterimakasih kepada Bupati Bogor, Hj.Ade Munawaroh Yasin, Samisade sangat membantu kami di Desa.Nanti saya serahkan kepada TPK wilayah dan melibatkan masyarakat", pungkas H.Entang Suana.SE, sembari tersenyum.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi pukul.08:00 WIB itu dibuka dengan pembacaan doa, ditutup dengan perletakan batu pertama dan foto bersama.(Rossa).
Editor Redaksi