Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkot Bogor Buka Sentra Vaksin di 68 Kelurahan, Diutamakan Sasaran 12-17 Tahun


Kabarposnews.co.id.Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan percepatan vaksinasi dalam membentuk Herd Immunity (kekebalan komunal). Untuk mendekatkan akses lokasi vaksin dengan warga, Pemkot membuka sentra vaksin di 68 kelurahan di Kota Bogor. Sasarannya usia 12 tahun ke atas (usia 12-17 tahun diutamakan) dengan menggunakan vaksin Pfizer.

Pelaksanaan vaksin akan digelar 26-28 Agustus di setiap kelurahan dengan target 300 warga setiap kelurahan di suntik vaksin. Persyaratan peserta vaksin membawa fotocopy E-KTP/Kartu Keluarga, Surat Keterangan Domisili dari RW/Kelurahan (Jika bukan penduduk setempat), Surat Kendali Vaksin (Dapat diperoleh di RT/RW) dan membawa alat tulis (pulpen). 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor, Irwan Riyanto mengatakan, mulai besok, Kamis (25/8) hingga Sabtu (27/8) di 68 (titik) kelurahan akan digelar vaksinasi dengan menggunakan vaksin Pfizer.

“Kita prioritaskan untuk anak sekolah atau remaja usia 12-17 tahun,” katanya di Balai Kota Bogor, Rabu (25/8/2021).

Vaksin Pfizer ini kata dia, selain bisa digunakan untuk sasaran usia remaja juga masyarakat umum. Dia menyebut, saat ini ketersedian vaksin Pfizer ada 10.725 vial (1 vial 6 orang) atau untuk 64.300 orang dengan interval 21 hari. 

Irwan menyatakan, upaya percepatan vaksinasi di 68 kelurahan ini juga untuk mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bogor yang sudah mendapatkan ‘lampu hijau’ dari Presiden Joko Widodo, dengan syarat para pelajar sudah disuntik vaksin.

“Selain persiapan PTM juga untuk membuka sektor ekonomi, seperti misalnya ke mal. Kata kuncinya kita ingin membentuk Herd Immunity,” jelasnya.

Di sisi lain, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bogor telah membentuk tim Satgas Vaksinasi beranggotakan 18 kepala dinas di lingkungan Pemkot Bogor  sebagai direktur sentra vaksin dan melaunching bus vaksinasi.

”Tujuannya mempercepat target vaksinasi dalam membantu dinkes, camat dan lurah dalam mobilisasi warga ke sentra vaksin,” kata Irwan.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno sedikit menambahkan, sasaran vaksinasi remaja di Kota Bogor ada 104.417 orang. 

“Saat ini untuk dosis 1 sebanyak 16.423 orang (15,56 persen) dan dosis 2 sebanyak 7.643 orang (7,32 persen),” katanya.
Editor redaksi

Dilihat