Ticker

6/recent/ticker-posts

Peringati HUT RI Ke-76 Di Lokasi Pompa Hidram, Warga Desa Setiling Berharap Merdeka Dari Covid-19



KABARPOSNEWS.CO.ID.Lombok Tengah - Berbagai cara dan keunikan dilakukan warga masyarakat untuk memperingati dan merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Salah satu Upacara Detik-Detik Proklamasi yang unik, juga dilakukan oleh puluhan warga Dusun Gule Liat Desa Setiling Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah.

Mereka memperingati hari lahir Bangsa Indonesia dengan melakukan Upacara pengibaran bendera marah putih di lokasi Pompa Hidram yang tepatnya berada di lokasi persawahan, tempat saluran irigasi/kolam penampungan air.

Meski demikian, peserta upacara tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan tetap memperhatikan social distancing.

Upacara pengibaran bendera sendiri dilakukan oleh Babinsa dan sepuluh pemuda Gerakan Jaga Alam Dan Air (GEJALA) yang merupakan komunitas para pemuda Pencinta Alam.

Bersama dengan Babinsa desa setempat, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penghormatan bendera merah putih dan menyanyikan lagu halo-halo bandung serta beberapa lagu wajib lainnya.

Selesai upacara, kegiatan ditutup dengan Do'a agar Bangsa Indonesia bisa segera bebas dari Covid-19 dan merdeka dari situasi Pandemi yang terjadi.

Komandan Koramil 1620-07/Batukliang, Kapten Chb. Heri Susanto., mengatakan, upacara pengibaran bendera di kebun itu merupakan inisiatif warga Dusun Gule Liat bersama dengan Babinsa.

"Meski berlangsung sederhana, para peserta upacara tetap semangat, mengingat ini pertama kali dilakukan di kebun," ujar Kapten Heri, Selasa (17/08/2021).

Selain itu, Danramil juga meyebut warga sangat antusias, upacara tersebut merupakan bentuk penghormatan masyarakat kepada bangsa. 

"Mereka bukan pejuang angkatan bersenjata, tetapi mereka berjuang dalam bentuk menyediakan kebutuhan pangan sebagai petani, serta menjaga Air dan Alam," kata Danramil.

"Beberapa peserta upacara pun menggunakan pakaian komunitas Gejala. Upacara itu dilaksanakan di lokasi tempat pembuatan Pompa Hidram oleh Kodim 1620/Loteng," lanjutnya.

"Pompa ini merupakan Program TNI, Kodam IX/UDY yang dilakukan oleh Kodim 1620/Loteng untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga," pungkasnya.
Editor Redaksi