Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekda Ir. Jailani Lantik Keuchik Terpilih Gampong Musa Teungoh

Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya Ir. Jailani melantik keuchik terpilih yakni Keuchik Armia Gampong Musa Teungoh Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya

Pidie Jaya - Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya Ir. Jailani melantik keuchik terpilih yakni Keuchik Armia Gampong Musa Teungoh Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (05/8/2021) di aula kecamatan setempat.

Keuchik Armia sebagaimana tertuang dalam SK Bupati Pidie Jaya tentang Pemberhentian jabatan dan pelantikan masa jabatan baru yang akan menjabat periode kedua Keuchik Gampong Musa Teungoh.

Pelantikan keuchik Gampong Teungoh Musa ini dilakukan tidak serentak bersamaan dengan pelantikan para keuchik sebelumnya beberapa waktu yang lalu mengingat masa tugas periode sebelumnya baru berakhir pada hari ini.
Usai prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan, Bupati Pidie Jaya Aiyub bin Abbas yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie Jaya Ir. Jailani menyampaikan arahannya.

Dalam Undang-Undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sebut sekda Ir. Jailani, Pemerintah Pusat menginginkan desa untuk menjadi lebih mandiri, kuat dan bersinergitas.

“Untuk itu Keuchik (Kepada Desa) atau Gampong harus mengembankan amanah yang telah dipercayakan oleh masyarakat, bertanggungjawab, jujur dan bersinergitas,” kata Bupati Aiyub dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Ir. Jailani.

Hal ini, sambung sekda, tentu merupakan hal yang positif karena gampong akan dapat lebih mandiri mengelola dan menentukan program-program prioritas yang paling sesuai untuk pembangunan masyarakatnya. “Namun demikian, ini juga merupakan tantangan bagi aparatur gampong khususnya keuchik terlebih sebagai penanggungjawab pengelolaan anggaran.”

“Keuchik harus memahami secara baik seluruh peraturan hal ini menyangkut tentang pengelolaan keuangan gampong karena pengawasan pemanfaatan dana nantinya akan diperiksa secara langsung oleh Badan Pengawas Keuangan (BPK),” kata Sekda.
Selanjutnya, Sekda Pijay Ir. Jailani juga berpesan soal pelaksanaan Syariat Islam di gampong, terutama dalam hal memakmurkan masjid. “Ini adalah PR yang kami berikan kepada keuchik untuk menghidupkan kembali masjid-masjid yang ada sebagai tempat masyarakat berkumpul, melakukan aktivitas keagamaan dan meningkatkan silaturahmi.”

Turut hadir pada acara tersebut Kabag Protokol & Komunikasi Pimpinan Sekdakab Pidie Jaya Fakhri Abdul Muthaleb, SH, Kabag Tata Pemerintahan T. Safrizal S.STP, MSM, unsur Muspika Bandar Baru, dan sejumlah tokoh masyarakat dari desa setempat.(*)

Kabag Prokopim Pidie Jaya